--> Skip to main content

Dulang kayu alat dapur tradisional Indonesia

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Dulang yaitu alat dapur tradisional Indonesia, mungkin sebutan dulang hanya di daerah saya aja ya. Dulang Terbuat dari batang kayu yang di lubangi semakin kebawah makin kecil, biasanya untuk mendinginkan nasi dengan bantuan Hihid sambil nasinya dibolak - balik. Baca juga Hihid / Kipas Bambu, Alat Dapur Tradisional Indonesia.

Di pedesaan alat ini sudah semakin jarang, termasuk saya juga  sudah dimusiumkan, yaitu untuk pajangan, bukan untuk alat masak lagi .... Hehehe.

Foto Ilustrasi Dulang kayu alat dapur tradisional Indonesia.
Foto Ilustrasi Dulang kayu alat dapur tradisional Indonesia.

Beberapa puluh tahun yang lalu sempat boming alat ini, sampai – sampai orang kota mencari alat ini, entah untuk apa coba, yang dicari sih bukan hanya alat masak yang satu ini, tetapi alat alat jaman baheula, mungkin untuk pajangan dirumah. 

Selain untuk ngakeul mendinginkan nasi. Dulang dipakai juga untuk ngarih nasi yang setengah matang biasanya di tambah air ditempat ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
1 Comments