logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kesenian buhun tutunggulan di acara sunatan daerah Subang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Seni buhun tutunggulan Tutunggulan mirip kegiatan menumbuk padi di atas lisung dengan halu / alu dilakukan sedikitnya yang dilakukan oleh sedikitnya empat.

Tapi sekarang Seni buhun tutunggulan sudah banyak ditinggalkan masyarakat Sunda. Tetapi di daerah saya di Kampung Gardu, Desa Bendungan Kecamatan Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat masih ada pada acara – acara tertentu, salah satunya pada acara ngiring beas ( beras ) pada acara khitanan. 

 Kesenian buhun tutunggulan di acara sunatan 

Seni buhun tutunggulan merupakan sebuah kesenian asli masyarakat Jawa Barat yang merupakan daerah agraris. Kata tutunggulan sendiri, berasal dari kata nutu, atau bahasa Indonesianya menumbuk gabah kering hingga menjadi beras, atau dari beras menjadi tepung. Menumbuk gabah menjadi beras tersebut biasanya dikerjakan oleh ibu-ibu antara empat sampai enam orang dan ayunan halunya mengenai lisung yang menimbulkan suara khas, artinya dapat berirama, dengan tujuan agar tidak membosankan dalam menumbuk padi. 

Dari kebiasaan itulah, akhirnya muncul seni tutunggulan, bedanya ketika dimainkan tidak menumbuk padi tetapi halunya langsung ditumbukkan kepada lesung. Dari ayunan halu itu menghasilkan suara-suara sesuai dengan keinginan yang memainkannya. 

Kesenian tutunggulan dimainkan oleh enam orang ibu-ibu dan dipertunjukkan kepada masyarakat manakala terjadinya samagaha atau disebut gerhana bulan di malam hari, ataupun sering digunakan untuk menghadirkan warga agar hadir dalam acara musyawarah di balai desa. Belakangan, seni tradisional ini digunakan untuk niring beas pada acara perhajatan khitanan.

Dibawah ini ada vidio Kesenian buhun tutunggulan di acara perhajatan saya padawaktu sunatan anak saya yang sulung di daerah Subang 



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

jadi keingat dulu acara syukuran sunatan saya nih mang. BTW, yang penting kesenian daerah yang beginian jangan sampai hilang di telan bumi. harus di pertahankan, nice share mangyono.

Balas

nice share mang yono.

Sakali2 mang asep iyan urang kojenjang di film geura mang, klo pas dia lagi manggung, dia kan panayagan wayang golek rombongan gentra bale bandung. he he he, abdi syaiful urang cikuya tea, temen smp mang yono.

Balas

iya mas biar anak cucu bisa tau kesenian yang begini hehehe

Balas

Iya kang nanti kalau manggung di tempat saya mau saya filemkan hehehe... ternyata temen saya itu jadi panayaga wayang golek rombongan gentra bale bandung...

Iya kang saya masih inget ke kang Syaiful dari Cikuya... sekarang tinggal dimana kang ?. ... Waas asanateh tiasa patepang sareng temen smp.. walau di dunia maya hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger