logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman peneduh dengan pergola anggur

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Anggur adalah tanaman yang tubuh merambat, bisa didesain sedemikian rupa untuk mempercantik taman, teras depan atau samping rumah, hingga carport dan garasi kalau punya mobil ... Hahaha. Silahkan baca juga Cara / Tips Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.

Jika tanaman yang digunakan adalah tanaman buah, misalnya anggur, markisah, maka Kita akan memperoleh manfaat ganda. Selain dapat menambah suasana sejuk, Kita pun bisa memetik dan menikmati anggur sambil bersantai di depan Rumah. Sungguh menasyikan bukan?...

Tanaman peneduh dengan pergola anggur
 Tanaman peneduh dengan pergola anggur

Banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan pergola / dirambatkan pada pergola. Misalnya Melati Belanda ( Baca Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot ), Air mata pengantin (Antogonon leptopus), Cincau rambat, Sirih ( Baca Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau ) , Markisa (Passifora sp.), dan anggur (Vitis vinivera).


Nah, kali ini yang akan saya tulis yaitu Anggur. Hampir semua orang menyukai anggur, karena rasa buahnya yang manis, tekstur buah yang lembut, berbiji sedikit, dan bisa langsung dimakan tanpa harus mengupas kulitnya.

Banyak orang yang mencari bibit tanaman anggur untuk dijadikan peneduh di pekarangan atau teras rumah. Seperti saya ini Tanaman Anggur saya tanam untuk peneduh depan rumah atau biasa disebut pergola anggur. Karena Pergola anggur bisa membuat teras dan taman lebih sejuk.... Betul Tidak?.
Tanaman peneduh dengan pergola anggur itu enak tau
 Tanaman peneduh dengan pergola anggur itu enak tau, bisa berbuah, sambil ngadem sambil makan buah anggur. Foto jepretan Admin di depan Rumah Admin.

Untuk mendapatkan bibit memang bisa didapatkan dengan cara Stek Batang ( silahkan baca di Cara menanam atau semai Anggur dengan stek ), Dengan cara Rundukan, Cangkokan dan bisa juga beli di tukang bibit tanaman ... Hehehe. Harga bibit memang bervariasi, tergantung tinggi pohon dan ukurannya. Tanaman dengan tinggi 1,5 meter rata-rata dibanderol dengan harga Rp 150.000 / pot kalau ke saya belinya biar deh harga promosi aja 149.900 / pohon ambil di rumah saya ( Tapi sekarang stok bibit sedang kosong, sayanya lagi berkelana hehhe ).

Nah, Jika bibit sudah didapat, maka langkah selanjutnya yaitu penanaman pohon di dekat pergola, Untuk memulainya, pastikan sudah ada tiang penyangga yang akan menjadi media perambatan bagi batang tanaman anggur. Bibit tanaman anggur dikeluarkan dari polibag. Gali lubang tanah di sekitar tiang. Setelah itu, masukkan bagian akar tanaman ke dalam lubang tersebut. Untuk lebih jelasnya tentang menanam anggur silahkan baca di postingan saya sebelumnya yang berjudul Cara dan Tips menanam pohon anggur di halaman rumah.

Tempelkan salah satu pucuk tanaman ke tiang rambat dan diikat dengan tali. Kelak, tanaman ini pun akan mengelilingi tiang hingga menuju atap dengan sendirinya. Terus yang harus diperhatikan adalah perawatan secara rutin. Menanam anggur sebagai pergola tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Sekitar enam bulan saja, tanaman sudah merambat ke mana-mana, bahkan bisa berbuah juga ( seperti poto saya diatas)

Kalau tanaman sudah merambat kemana-mana dengan daun cukup lebat (sekitar 6 bulan sejak bibit ditanam), kita bisa mengurangi jumlah daun hingga 40%. Tujuannya agar tanaman cepat berbuah.

Penyiramannya pun harus dilakukan secara benar dan rajin. Jika salah menyiram, tanaman anggur bisa mati *menyiramnya jangan pakai air panas atau air garam ... * Semprul hehehe.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

udah teduh tinggal metik nih..asoy tenan....asikkkk

Balas

Iya mbak, sambil ngadem, ngeblog sambil makan buah anggur :)

Balas

hehehe izin metik boleh :)

Balas

wah enak nih buah anggurnya mas,,heh

Balas

saya sendiri belum pernah melihat tanaman ini di tanam bebbas di daerah saya, tapi hampir semua oarang bilang tanaman anggur tidak bisa tumbuh di kabupaten Gowa SULSEL, sama dengan tanaman apel, atau mas punya pendapat lain.

Balas

Masalahnya nih kang, anggur tempat saya gak muncul-muncul juga buahnya. terpaksa di tebang deh kang. hehe

Balas

Boleh, tapi jangan dibawa pulang ya .. :)

Balas

Silahkan dicicipi mas Danish he :)

Balas

Kalau begitu tanamnya di pot aja Bang, kalau dipot khan biar cuaca gak cocok juga bisa dipindah - pindah tempatnya, pada musim hujan bisa dipindah ketempat yang ternaungi

Balas

wah padahal gak usah ditebang mas dipuasain aja ( jangan disiram selama seminggu ) dan diberi pupuk langsung dipangkas daun dan rantingnya pasti dah berbuah

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger