--> Skip to main content

Saya suka koleksi Kupu – kupu

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Kupu-kupu banyak diburu buat diawetkan dan menjadi koleksi di berbagai negara, seperti di Malaysia, juga Indonesia.

Kupu-kupu. Itulah nama satwa bangsa serangga atau ordo Lepidoptera ini. Ia binatang sangat penting sebagai penyerbuk dalam proses pembuahan bunga atau sang penghisap bunga. Bahkan penyerbukan buah naga buah jeruk bali dan bunga – bunga lainnya. Ternyata tak hanya itu, masih banyak manfaat dari satwa cantik satu ini.

Saya suka koleksi Kupu – kupu
 Saya suka koleksi Kupu – kupu

Di Asia, kupu-kupu banyak menjadi eksperimen dengan tidak memperhatikan keberlangsungan hidup mereka. Ia dibunuh dan diawetkan, lalu dijual. Sungguh miris mendengarnya ya?. Kalau saya koleksi kupu – kupu tidak dibunuh atau diawetkan, tetapi berbentuk hidup, dan gak di kurung juga, tetapi beterbangan dengan bebas di taman mungil ... Hehhehe.


FOTO : Kupu – kupu sedang menghisap madu bunga asoka di taman halaman rumah saya
 FOTO : Kupu – kupu sedang menghisap madu bunga asoka di taman halaman rumah saya

Satwa cantik ini banyak manfaat, dari penyerbukan sampai sebagai pemberi informasi kondisi suatu wilayah. Kupu-kupu adalah serangga berdarah dingin, yang membutuhkan udara sejuk buat hidup. 

FOTO : Kupu – kupu hinggap pada bunga asoka di taman halaman rumah saya
 FOTO : Kupu – kupu hinggap pada bunga asoka di taman halaman rumah saya

Menurut saya, kalau ingin mengembangbiakkan sebagai obyek wisata atau pebobi sebenarnya boleh saja. Namun, jangan sampai menganggu keberlangsungan hidup kupu-kupu, yaitu caranya dengan menanam bunga – bunga yang bisa menarik si kupu – kup untuk datang ke tempat itu. Kupu-kupu banyak di daerah banyak tumbuh-tumbuhan mengandung madu atau nektar, salah satu bunga berwarna cerah. Itu menjadi faktor utama. 


Mengingat kupu-kupu sangat menyukai madu. Jika melihat bunga warna merah, kuning, merah muda atau orange, kita bisa mudah menemukan kupu-kupu akan menghampiri bunga tersebut. Mereka juga ditemukan pada dedaunan, pada buah-buahan, di pohon jambu dan jeruk.

Bentuk yang indah dan cantik menjadi daya tarik buat mengawetkan satwa ini, sebagai koleksi atau diperjualbelikan. Ada keunikan pada kupu-kupu. Selain warna cantik dan indah, ia memiliki penciuman cukup tajam, menurut yang saya baca penciuman kupu – kupu mencapai 10 - 17 kilometer. Sekaligus alat mengantisipasi musuh atau pemburu. Kupu-kupu juga dapat mengetahui di mana tanaman inang buat makanan atau tempat bertelur. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments