--> Skip to main content

Tips memilih buah anggur

Sampurasun.... Rampes...

MANGYONO.com –  Buah anggur didepan rumah saya sedang berbuah, meskipun tidak lebat tetapi rutin berbuah. Memang sih saya bukan ahli dalam membuahkan anggur, tetapi saya sekedar menanam untuk peneduh di kanopy saja.

Di bawah ini ada tips yang harus Kita perhatikan saat memilih buah anggur, yang baik dan bagus diantaranya :

BUAH ANGGUR MERAH MASIH MENTAH
 Tips memilih buah anggur 

i). Saat membeli anggur, pastikan buah yang Anda pilih memiliki butiran yang padat dan tanpa kerutan sama sekali. Jika berkerut dan benyek, sudah barang tentu anggur tersebut tak layak lagi dikonsumsi, karena sudah membusuk. Begitu juga kalau anggur yang masih dipohon / tanaman sendiri, kalau sudah berkerut dan benyek, sudah barang tentu anggur tersebut tak layak lagi dikonsumsi

ii). Perhatikan warna buah anggur. Pilih yang masih cerah dan tidak terlihat pucat. Pastikan pula semua warna merata, misalnya hijau ya sebaiknya hijau semua. Atau merah ya sebaiknya merah semua. Warna yang tidak merata merupakan tanda anggur belum matang sempurna.Apalagi warna anggur merah yang warnanya ada yang hijau dan ada yang merah, berarti yang hijau anggur tersebut belum matang, sedangkan anggur yang berwarna merah sudah matang. Seperti Photo di bawah ini. Seperti Foto dibawah ini

Buah anggur sudah matang dan sudah saatnya di petik
 FOTO: Buah anggur sudah matang dan sudah saatnya di petik

iii). Jangan pernah memilih buah anggur yang telah lepas dari tangkainya. Sebab jika buah anggur sudah lepas dari tangkai artinya ada bagian buah yang koyak atau terluka dan membuat anggur tak lagi segar.
iv). Perhatikan bulatan buah anggur, jika Kita mendapati lubang atau cacat, tinggalkan dan pilih anggur lainnya. Dan apabila kulit buah anggur disentuh dan lengket, itu artinya buah tersebut tak bagus lagi dikonsumsi alias buah anggur tersebut sudah membusuk.

FOTO : Buah anggur belum siap di petik
 FOTO : Buah anggur belum siap di petik, ini adalah buah anggur merah, tetapi masih banyak yang berwarna hijau ... Jadi, dimohon sabar aja ya ... Hehehe.

v). Cara memilih buah anggur yang baik selanjutnya adalah dengan menimbang-nimbang tingkat ketebalan buah anggur. Apabila tipis maka kadar airnya tentu banyak. Dan apabila kulit anggur tebal maka bisa diprediksi kadar airnya sedikit. Jika ingin anggur yang banyak airnya, pilih yang tipis saja. Demikian sebaliknya.
vi). Apabila Kita ingin buah anggur yang paling banyak anti-oksidannya, pilihlah yang warnanya tua pekat. Menurut para Doktor kadar oksigen anggur ditentukan dari tingkat kematangannya yang terlihat pada warna buah yang semakin pekat. Misalnya anggur hijau, pilih yang warna buahnya paling hijau. Atau anggur merah, pilih warna anggur yang berwarna merah tua, kehitaman.

Mungkin masih banyak lagi tips memilih buah anggur yang bagus dan layak di konsumsi, namun saya mah Cuma tahunya itu saja.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments