logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Makanan yang tidak boleh diberikan pada balita

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Meskipun saya bukan dokter, atau orang yang ahli tentang balita tapi sedikitnya saya tahu tentang makanan yang boleh atau tidak boleh diberikan pada balita ... Saya khan tanya bu dokter cantik ... Hehehe.

Pencernaan balita belum sekuat orang dewasa, maka dari itu kita sebagai orang tua harus mengerti makanan apa saja yang tidak seharusnya diberikan kepada balita. Selain itu pada organ tubuh lainnya pun belum siap menerima nutrisi atau vitamin tertentu. Pentingnya memberikan makanan yang sehat dan mudah dicerna untuk memastikan bayi anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah yang kerap dialami buah hati. Menurut yang saya ketahui ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan pada anak balita, terutama pada bayi 1 tahun Ini saya kutip dari beberapa dokter spesialis anak saat konsultasi.

Makanan yang tidak boleh diberikan pada balita. Foto Gigin minum susu kacang.
Makanan yang tidak boleh diberikan pada balita. Foto Gigin minum susu kacang.

Buah yang rasanya asam
Jangan berikan balita anda buah jeruk atau buah lainnya yang berasa asam. Hal ini dapat dengan mudah membuat anak anda mengalami gangguan pencernaan. Termasuk dalam buah yang bersifat asam diantaranya jeruk limau, lemon, jeruk nipis, jeruk asam, anggur dan masih banyak lagi yang lainnya. Jeruk boleh saja, asalahkan jenis jeruk yang berasa manis saja (tidak ada asamnya).

Makanan yang membuat kabesekan ( tersedak )
Makanan ini seperti beberapa biskuit dewasa, kacang-kacangan atau makanan kecil-kecil yang keras, makanan kecil yang berbentuk/terdiri dari remahan serbuk,  dan lain sebagainya. Pada anak yang berumur lebih dari dua tahun hal tersebut mungkin dapat dengan mudah diatasi, tapi jika ini menimpa anak usia kurang dari satu tahun maka akan membahayakan keselamatannya.

Makanan yang pedas
Tentu kebanyakan orangtua sudah mengerti, jika sangat tidak dianjurkan untuk memberi makanan pedas untuk balita. Selain mereka pasti akan menanis karena merasa kepedasan, makanan pedas (cabai, merica, jahe) akan membuat saluran pencernaan bayi terganggu dan meras tidak nyaman. Hal tersebut juga dapat menimbulkan diare.

Madu
Madu mengandung spora clostridium botulinum yang jika diberikan pada anak dapat membuatnya keracunan makanan. Oleh sebab itu hindari memberikan madu pada bayi sebelum usia menginjak 1 tahun.

Makanan Panas / Dingin.
Hindari memberi makanan yang sangat panas/ sangat dingin kepada bayi. Jika Anda menyuapi makanan yang masih terlalu panas, maka dia akan terkaget dan memuntahkannya. Begitu juga dengan makanan yang dingin sekali, contohnya adalah es krim. Sangat tidak dianjurkan untuk memebrikan es krim kepada balita pada usia di bawah 1 tahun. Untuk itu sebaiknya hindari pemberian es krim pada usia dini. usia di atas 1 tahun boleh, asalkan batasi konsumsinya, sebatas mengenal saja, dan pilih es krim yang mengandung kalsium/susu tanpa zat pewarna. Kalau anak saya yang kecil 2,5 tahun atau yang kakaknya 13 belum tau rasanya es ... Halaaah.

Sebaiknya para orangtua teliti dalam memilihkan makanan untuk anak-anaknya. Selain itu, simpanlah dengan baik makanan Anda (makanan dewasa) yang sekiranya belum dapat dikonsumsi balita, jika di rumah  terdapat balita. Jauhkan dari jangkauan balita Anda ... Atau selalu awasi anak anda, jangan sampai meraih makanan tersebut dan memakannya ... 

Seperti pada vidio dibawah ini, meskipun anak saya merengek - rengek pengen makan jeruk, tapi jeruknya rasanya asam maka saya tak mengijinkannya, biarlah saya aja yang memakannya dan suruh si dedek untuk menyuapin saya ... Hehehhe



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

sodara saya umur 2 tahun sudah suka makan yang asem ..

Balas

Wah kasihan tuh neng, jangan dikasih dulu... nanti sakit perut loh

Balas

Justru ponakan saya yang umurnya 2 atau 3 tahun itu hobinya minum-minuman yang dingin dan coklat gitu mang..

Balas

Yang paling diwaspadai jika anak kurang dari satu tahun makanan yang keras misalnya biskuit,krupuk suka nggak bisa nelan ngerinya nyangkut ditenggorokan

Balas

kalo jengkol ga boleh juga kan mang hehe..
makasih infonya, sangat bermanfaat

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger