logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perbedaan Blogger dengan Wartawan

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Pagi – pagi ada yang inbox ke medsos saya. Dia tanya, belum ngerti apa hanya ngetes saya yang Newbie menulis ... Hehehe. Katanya “ Apa perbedaan Blogger dengan Wartawan”.

Nah, kalau saya balas pertanyaan itu di inbox pasti tulisannya panjang, terpaksa saya tulis di blog ini aja, dan langsung saya inbox link-nya biar mengunjungi tulisan saya... Khan lumayan dapat dollar dari hasil kunjungannya... *Semprul hahahah.

Perbedaan Blogger dengan Wartawan ntu banyak bangedd...
Pertama : dalam hal menulis berita atau tulisan tentang penulis blogger dan penulis wartawan,. Seorang penulis blog tentunya hanyalah ingin menuliskan semua ide, gagasan dan melepaskan rasa penat yang ada dalam pikiran, tanpa harus memerhatikan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)..... itu untuk blogger. Malahan kalau menulis blogg dengan memperhatikan EYD, malah membuat pembaca menjadi bingung dan terkesan tidak menarik.... Akhirnya gak ada pengunjung hehehe. Jadiiiiii jangan terlalu terpaku pada EYD, yang terpenting si pembaca mengerti informasi dan alur pembahasan kita mau membahas apa dan nulis apa. 
FOTO : Admin Blog Mang Yonobersama Yono Junior "Gigin "
 FOTO : Admin Blog Mang Yonobersama Yono Junior "Gigin "

Sedangkan kalau Wartawan dalam menulisnya ntu, yang sangat memperiyoritaskan EYD dalam penyampaian informasi berita yang akan ditulis. Karena jika tidak memakai kata-kata yang baku, otomatis informasi berita yang akan disampaikan oleh wartawan bakal menimbulkan ketidak profesionalitas.... Terus wartawan ntu dapat di kategorikan dalam tiga jenis, yaitu antara lain straight news atau berita langsung, depth news, opinion news ( artinya silahkan cari sendiri ... Hehehe ) dan berita foto. Dan dalam penulisan wartawan, harus melibatkan fakta-fakta yang terjadi, seperti hasil wawancara, tujuannya agar informasinya lebih akurat dan faktual. Betul tidak ?.

Kedua : Hingga saat ini blogger tidak dilindungi oleh badan hukum dan Undang-Undang Pers.... Jadi yang melindungi siapa hayooo... Kalau wartawan dilindungi oleh badan hukum atau Undang-undang Pers.

Ketiga : Blogger itu dipostingannya kebanyakan menampilkan Foto – foto adminnya .... Kalau wartawan jarang sekali menampilkan atau memposting Foto Wartawan ... Hehehhe.

Mungkin masih banyak perbedaan – perbedaan Blogger dengan Wartawan ... Coba sobat ada yang tau ndak ya ?. Silahkan ditulis di komentar ya



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

Wartawan yg mengerti jurnalis memang seperti yg mang sebut diats, namun akhir2 ini bamyak wartawan yg tdk mengerti sedikitpun ttg jurnalis, dan sering kali tulisannya membuat suasana semakin kacau. Kalo di medan itu istilahnya ' wartawan bodrex' Sering menulis berita hanya untuk mengharapkan bayaran, tanpa memperhatikan perasaan ataupun suasana yg terjadi

Balas

Mungkin bodrex sama dengan puyeng, pusing, lieur, alias semprul ya bang Yadi hehehe :D

Balas

Blogger itu=penulis diary, hahaha :D

Balas

Kalau saya memang dari penulis pro yang terjun kedunia blogging, jadi kesan ilmiah lebih saya tonjolkan daripada tulisan yang kurang profesional. Apalagi menuntut sesuai baku dalam tata bahasa, sulit memang tapi itu makin menyakinkan pembaca blog kita.

Balas

kunjungan sambil nyimak

Balas

oo jadi gituh ya mang perbedaan antara wartawan denganblogger teh, tapi menurut saya mah enakan jadi blogger, bebas nulis dan ngga pernah bakalan ada yang ngomelin seperti halnya wartawan yang jika telat bikin tulisan di omelin sama dewan redaksi...:p

Balas

bisa jadi selain semprul bisa juga jadi wartawan Kampret

Balas

mmm begitu ya mang, iya juga seh...lha kalau saya ini, yg wartawan sekaligus juga merangkap blogger, gimana tah ??

Balas

ia betul, kebanyakan kalo hasil dari wartawan banyak bahasa yang belom di mengerti, tapi kalo membaca artikel dari bloger, gampang di mengerti, misalnya artikel mang yono, agar lebih mengerti lagi, monggo berkunjung di blog ane, carasofar.blogspot.com, blog ane masih baru dan belom ada yang berkomentar, sedih ye, hihihi

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger