--> Skip to main content

Proses pertumbuhan kelinci dari bayi sangat cepat

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Menurut yang saya ketahui kelinci hanya sebulan lamanya di dalam kandungan, dan 30 sampai 35 hari setelah dikawinkan induk kelinci akan melahirkan anak-anaknya. Berbeda sekali dengan Kerbau, kambing atau yang lainnya bisa berbulan – bulan mengandung. ... Atau bahkan manusia sekitar 9 bulan mengandung, tak terbayangkan ya kalau manusia Cuma sebulan dikandungannya setelah itu lahir, gimana cepat padatnya dunia ini hehehe

Kelinci beranak banyak dan bervariasi jumlahnya dari yang hanya 2, sampai 5, 7, hingga belasan jumlahnya. Kelinci pun memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang relatif cepat dalam waktu sebulan pertama sejak lahir. Seperti kelinci anak saya ini lahirnya tanggal 12 Februari 2015 jumlahnya ada 7. Tapi karena gak disusuin, gegara waktu mau benerin kandang anak kelinci tersebut dipegang dan dipindahkan dengan tangan langsung tanpa alas, Menurut para master kelinci, kalau anak kelinci yang masih kecil dipegang langsung oleh tangan, sang induk gak bakalan mau nyusuin anak kelinci tersebut. Baca Kelinci Anak Saya Mulai Beranak

Proses pertumbuhan kelinci dari bayi sangat cepat
Proses pertumbuhan kelinci dari bayi sangat cepat

Katanya Air susu ibu kelinci untuk anak-anaknya memiliki komposisi khusus yang sangat tinggi protein sehingga anak yang baru lahir cukup disusui hanya sekali atau dua kali sehari selama kurang dari lima menit. Selama tidak menyusui induk kelinci akan menjauh dari anaknya, seakan-akan acuh tak acuh. Ia baru biasanya mendekati dan menyusui anaknya di malam atau dini hari ketika suasana sepi.
Foto : Anak kelinci umur 2 Hari
Foto : Anak kelinci umur 2 Hari, terlihat belum ada bulunya dan kulitnya pun masih transparan.

Ketika kelinci baru dilahirkan, ia berukuran sangat kecil, dengan kulit yang tanpa bulu dan transparan, buta, dan tak bisa mendengar. Ketika berusia di atas 2 minggu, kelinci mulai lincah berjalan, dan sudah bisa keluar dari kotak beranak, mengejar-ngejar induknya untuk menyusu. Ia pun mulai mencicipi makanan yang ada di sekitar, terutama ketika menginjak usia di atas 18 hari dimana ia mulai tertarik dengan rumput-rumput atau wortel yang tersedia untuk induknya. Menjelang memasuki usia 4 minggu, ia bahkan sudah bisa menggapai dan makan makanan padat, walau hanya sedikit memakannya. 

Foto : Anak saya  Gugum dan Gigin sedang bermain - main dengan anak kelinci yang sudah berumur 2 Minggu.

Ketika berumur 2 atau 4 Minggu kelinci sudah mulai terlihat besar, walau ia masih harus menyusu dan belum bisa dipisahkandengan induknya. Kelinci idealnya baru dipisahkan dan disapih dari induknya ketika berumur 8 minggu atau 2 bulan, itupun dengan cara bertahap mencoba memisahkannya dengan induknya selama berjam-jam atau setengah hari dulu selama beberapa hari.

Kalau anak saya yang kecil dan sang kakah malah tiap hari suka mengambil anak kelinci dari kandangnya, katanya lucu imut dan menggemaskan, tetapi setelah 1-2 jam anak kelinci di masukan lagi ke kandangnya untuk disusui induknya nanti setelah 3 – 4 jam baru diambil lagi.
Foto Gigin sedang melihat anak kelinci makan daun.
Foto Gigin sedang melihat anak kelinci makan daun.

Jika anda tertarik membeli kelinci, maka hendaknya anda membeli minimal yang sudah berusia 2 bulan. Jika anda membeli yang masih kecil-kecil, walaupun terlihat imut dan lucu, karena mereka sudah dipisah dari induknya padahal masih menyusui, sebagaimana yang kebanyakan dijual di pinggir-pinggir jalan dan toko-toko hewan, risiko kematiannya akan tinggi. Tak usah heran jika kelinci yang baru anda beli dalam beberapa hari sudah mati. Baca juga Cara piara / ternak kelinci untuk pemula

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments