logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Laporan e-SPT Masa PPN biar gak gagal

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –   Pelaporan SPT Masa PPN Dengan Menggunakan Aplikasi e-SPT tadi saya menemukan masalah, pasti para PKP sudah pernah merasakan masalah seperti yang saya alami. 

Dulu saya sih gak ikut sosialisasi tentang cara e-SPT Masa PPN dan gak dikasih CD. Ups,, maksudnya bukan Celana Dalam ataupun CD musik . Namun CD yang berisi tentang Aplikasi Pajaknya beserta petunjuk menggunakannya .


Pada saat saya melaporkan SPT Masa PPN ke KPP bulan Februari 2015 tadi pagi. Saya sudah membawa hardcopy dan antisipasi  membawa 2 Flashdisk yang berisi CSV  dan satu Flashdisk masih kosong, jadi bawa 3 Flashdisk,  saya juga membawa Notebook dan menyimpan CSV di Notebook saya. 

Sampai ke Kantor Pajak Pratama Grogol Petamburan, sekitar jam 8, 13 Menit, 25 detik ... Hehehe, saya langsung ambil nomor antrian, dan kebagian nomor 51 ...

Sedangkan nomor yang berlangsung yaitu nomor 6 ... Jadi saya harus menunggu 45 Nomor antrian dipanggil ...

 FOTO: Antrian 6 di loket 4, para pelapor antri dengan tertib
 FOTO: Antrian 6 di loket 4, para pelapor antri dengan tertib. Foto saya jepret ke kursi yang agak kosong aja, padahal aslinya membludak, apalagi hari ini tanggal 31 Maret 2015 adalah batas akhir laporan tahunan untuk pribadi ...

Flashdisk Pertama  Gak bisa dibuka di komputer Loket penerimaan Loket 4, Terus saya bilang ke Ibu, “ Bu, ini saya bawa 1 lagi Flashdisknya, siapa tahu saja bisa dibuka”. Ibu loket langsung merestan komputernya . Setelah Normal langsung memasukan Flashdisknya ... eh apa yang terjadi, ternyata Flashdisk yang ke 2 sama juga gak bisa dibuka ... Halahhh... Langsung Ibu Loket menyuruh saya mengganti Flashdisknya ... “Nanti, gak usah ngantri lagi, langsung saja kesini” 

Saya langsung berajak dari kursi di loket 4, saya menuju kursi antrian di paling pojok, langsung menyalakan Notebook dan memindahkan CSV. Setelah memindahkan CSV dari Notebook ke Flashdisk yang ke 3, saya langsung ke loket 4 dan menyerahkan hardcopy dan Flashdisk yang ke 3. .... Deng... deng, ternyata Flashdisk yang ke 3 bisa dibaca .... Syukur dah jadi gak lambat lapor SPT Masa PPN, padahal khan Tanggal 31 Maret  Sekarang terakhir...

Jadi sobat – sobat yang akan melapor SPT Masa PPN atau PPh Pasal 21 dengan menggunakan  e-SPT atau hardcopy dan CSV, untuk antisipasi bawa Flashdisk lebih dari 1, disamping itu bawa juga Notebook, Laptop khan kalau ada masalah tinggal pindahkan dari Notebook atau Laptop, jangan lupa bawa modemnya juga, nanti kalau ada masalah juga khan tinggal telepon orang kantor untuk kirim email CSV... Ingat Jangan bawa Komputer dan CPU ke Kantor pajak ya ... Hahaha . 

Dulu waktu awal tahun 2014 saya mengalami juga masalah Flashdisk yang gak bisa terbaca, dulu saya belum kepikiran bawa Notebook, jadi terpaksa cari – cari warnet ... Hahaha.  Semoga tips dari saya ini dapat membantu sobat dalam pelaporan. INGAT YA, jangan lupa hardcopynya di print pada kertas berukuran F4 dan bawa flashdisk yang berisi CSV lebih dari satu.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

sangat bermanfat bagipara wajib pajak mengetahui step by step melakukan e-spt supaya ngga gatot (gagal total)
nuhun mang

Balas

iya mang, itu pengalaman saya dalam pelaporan pajak ...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger