logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Biji Cempedak Rebus

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Boiled jackfruit seeds are a plain and simple snack that is made at home. The simplest preparation is just to boil the seed and peel the thin husk.  The boiled seeds taste like a combination of boiled potato and taro. It's soft and creamy.

Kalau melihat biji cempedak atau biji nangka suka inget ke kampung ... Hehehe.  Di kampung saya, biji nangka atau biji cempedak ( di Banten disebut Nangka beurit ) biasanya dimanfaatkan untuk camilan. Buat iseng-iseng sambil nonton atau sambil ngeblogg ... hahaha, atau teman minum kopi. Biasanya direbus atau digoreng, tetapi sering juga dibuat tumis.

Biji Cempedak Rebus
 Biji Cempedak Rebus

 
Rupanya ternyata merebus biji cempedak juga biasa dilakukan di daerah lain termasuk di Jakarta. Nah, rebus biji cempedak ini pun dikasi sama boss perempuan ...  Dalam hati saya, oh iya nih cocok buat ngeblogg ... hehehe

Beton cempedak ini enak juga dicamil, asal sudah dimasak, kalau belum sih ... Jangan deh ... hehehe. Kulit ari dari bijinya kelihatan tipis dan tidak setebal kulit biji nangka. Lumayan buat teman minum teh dan ngeblogg saat hujan begini.... Eh, gak hujan ding ... Hahaha.

FOTO : Mengupas kulit biji cempedak rebus.
 FOTO : Mengupas kulit biji cempedak rebus. Untuk memakannya terlebih dahuli kupas kulit ari biji cempedak yang berwarna coklat, ngupasnya gampang kok, gak sesulit ngupas biji nangka / beton.

Untuk biji cempedak yang direbus atau digoreng, hasilnya agak lembut dan empuk. Beda banget dengan biji nangka yang digoreng. penampilannya garing seperti. 

Berikut ini cara merebus biji cempedak :
i. Cuci bersih biji cempedak.
ii. Siapkan panci, nyalakan api, masukan biji cempedak, garam dan air secukupnya.
iii. Rebus sampai biji cempedak empuk. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

saya baru tahu biji cempedak, hehe..

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger