logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara mengatasi tanaman bunga aglaonema yang daunnya menguning

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Kalau ada daun bunga khususnya tanaman bunga Donna Carmen atau aglaonema yang mencurigakan seperti daun tua melengkung kebawah, daun banyak yang menguning, daun baru tumbuhnya jauh lebih kecil dari daun yang sebelumnya (kecuali bila tumbuh bunga), tunas daun baru tidak muncul setiap 3 - 5 minggu, saya tidak pernah ragu-ragu untuk membongkar media tanaman tersebut.

Dalam kasus yang pernah saya alami, apabila daun banyak yang menguning serentak, kita perlu curiga terjadinya pembusukan batang bawah atau akar. Jadi tidak ada salahnya kalau kita membongkar total media untuk melihat kondisi dibawah permukaan tanah atau pada akar tanaman. Lagipula kalau media tanah sudah 6 bulan atau lebih khan harus diganti.

bunga aglaonema
 FOTO : Bunga Aglaonema.

Nah, apabila di akar tanaman bunga terjadi pembusukan batang atau akar, saya biasanya melakukan langkah-langkah seperti berikut ini:

i. Semua batang dan akar yang rusak atau membusuk saya potong sampai bersih dan tak tersisa.

ii. Saya kurangi daun bagian bawah dengan menyisakan beberapa lembar daun yang teratas saja

iii. Terus, setelah dipotong langsung saya cuci sampai bersih dengan menggunakan kuas dan mengocok-kocoknya didalam ember berisi air bersih. Kalau akar masih banyak yang selamat, hati-hati untuk tidak merusak akar tersebut .

iv. Setelah itu tanaman saya tanam kembali dengan media yang yang baru, ingat jangan menggunakan media bekasnya lagi ya .

v. Setelah penanaman selesai, selama dua sampai empat minggu tanaman saya letakkan ditempat yang cukup sinar dan aliran udara, tapi tidak terekspose sinar matahari secara langsung, atau dengan mencungkupnya pakai plastik selama 4 sampai 6 minggu atau sampai tumbuh tunas baru.

Baca juga : Cara Merawat daun tanaman bunga aglaonema agar terlihat indah


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

wah pecinta tumbuhan yang keren

Balas

iya mang, aglaonema memang rentan ya. saya aja pusing jadinya
untung ada istri saya yang telaten

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger