--> Skip to main content

Cara mengatasi tanaman bunga aglaonema yang daunnya menguning

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Kalau ada daun bunga khususnya tanaman bunga Donna Carmen atau aglaonema yang mencurigakan seperti daun tua melengkung kebawah, daun banyak yang menguning, daun baru tumbuhnya jauh lebih kecil dari daun yang sebelumnya (kecuali bila tumbuh bunga), tunas daun baru tidak muncul setiap 3 - 5 minggu, saya tidak pernah ragu-ragu untuk membongkar media tanaman tersebut.

Dalam kasus yang pernah saya alami, apabila daun banyak yang menguning serentak, kita perlu curiga terjadinya pembusukan batang bawah atau akar. Jadi tidak ada salahnya kalau kita membongkar total media untuk melihat kondisi dibawah permukaan tanah atau pada akar tanaman. Lagipula kalau media tanah sudah 6 bulan atau lebih khan harus diganti.

bunga aglaonema
 FOTO : Bunga Aglaonema.

Nah, apabila di akar tanaman bunga terjadi pembusukan batang atau akar, saya biasanya melakukan langkah-langkah seperti berikut ini:

i. Semua batang dan akar yang rusak atau membusuk saya potong sampai bersih dan tak tersisa.

ii. Saya kurangi daun bagian bawah dengan menyisakan beberapa lembar daun yang teratas saja

iii. Terus, setelah dipotong langsung saya cuci sampai bersih dengan menggunakan kuas dan mengocok-kocoknya didalam ember berisi air bersih. Kalau akar masih banyak yang selamat, hati-hati untuk tidak merusak akar tersebut .

iv. Setelah itu tanaman saya tanam kembali dengan media yang yang baru, ingat jangan menggunakan media bekasnya lagi ya .

v. Setelah penanaman selesai, selama dua sampai empat minggu tanaman saya letakkan ditempat yang cukup sinar dan aliran udara, tapi tidak terekspose sinar matahari secara langsung, atau dengan mencungkupnya pakai plastik selama 4 sampai 6 minggu atau sampai tumbuh tunas baru.

Baca juga : Cara Merawat daun tanaman bunga aglaonema agar terlihat indah

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments