logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menyetek atau Stek Bunga Mawar

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Ngomongin soal bunga mawar ini sesuai yang saya ketahui ada berbagai banyak cara yang kita bisa lakukan untuk memperbanyaknya seperti Menyetek atau Stek, Mencangkok, Menempel atau Okulasi, Menyambung atau Kopulasi atau Enten, Merunduk dan semai dari biji, Kalau semai dari biji silahkan baca di postingan saya yang berjudul Cara Pembibitan Mawar Dari Biji Dengan Media Arang Sekam Padi

Jenis mawar memang akan mempengaruhi mudah tidaknya tanaman mawar itu dapat beradaptasi dan cepat bertunas. Nah, untuk mawar merah, jenis mawar ini banyak dipilih karena warnanya yang indah dan bahkan beberapa pendapat mengatakan mawar ini sebagai simbol kasih sayang.... Katanya sih hehe. Bunga mawar merah ini juga mudah beradaptasi atau mudah dibudidayakan, sesuai yang saya praktekan. Dan tentu saja bunga mawar ini akan membuat rumah kita terlihat lebih natural dan indah dan memikat hati disaat mawar yang kita tanam dapat tumbuh subur dan berbunga.

Cara Menyetek atau Stek Bunga Mawar
 Cara Menyetek atau Stek Bunga Mawar

Nah, sekarang saya akan menulis cara memperbanyak tanaman bunga mawar dengan cara Menyetek atau Stek. Menyetek adalah proses menanam sebagian potongan atau bagian tubuh dari tanaman tersebut baik berupa cabang ataupun batang. Bagian tanaman yang distek harus memiliki ruas atau mata tunas sehingga dapat tumbuh tanaman baru. Contohnya adalah tebu, singkong dan bunga mawar.

Berikut ini langkah Menyetek atau Stek tanaman bunga Mawar
i. Stek mawar dilakukan pada tangkai mawar yang sudah tua dengan memotongnya sepanjang 5-10 cm menggunakan alat potong yang tajam dan bersih. 

ii. Media tanam yang digunakan untuk penanaman bunga mawar adalah tanah murni tanpa pupuk apapun. Karena tanah yang mengandung pupuk dapat menghambat pertumbuhan batang mawar yang distek.

iii. Gunakan polybag berukuran seperempat kilo dan jangan lupa melubangi plastik polybagnya dengan lidi atau wadah / tempat / media lain, terus isi tanah untuk proses penanamannya. 

iv. Tancapkan potongan tangkai mawar dibagian tengahnya sampai kedalaman setengah media tanam.

v. Siram dengan air sampai media tanah basah.

vi. Letakkan media tanam tersebut ditempat teduh dan tidak usah diberi pupuk dulu sampai akarnya keluar dan siap dipindahkan kedalam pot atau ke taman mungil.

Kalau daunnya sudah muncul tiga lembar berarti tanaman mawar ini sudah siap dipindahkan ke media tanam yang baru.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 komentar

Jadi inget pelajaran biologi dulu mang..stek, mantap artikelnya..
salam jasa backlink manual murah

Balas

bukannya pelajaran PKK?

Balas

telaten banget sih Mang? kalo saya sih tau beres aja. Biar yang ngerjain anak-anak saya aja, hehe

Balas

ternyata mawar juga kalo di tanam di tanah doang, nggak cukup bisa keren tumbuhnya ya Mang?

Balas

iya kang dulu pelajaran biologi bagi sya adalah pelajaran yang gak disukai saya, tapi setelah gak sekolah ternyata manfaatnya dari pelajaran biologi baru terasa ...

Balas

PKK mah makan -makan mas hehehe

Balas

khn sambil belajar mas, terus biar seru kalau diposting di blog ini.... hehehe

Balas

iya mas untuk walnya atau baru stek, jangn diksih pupuk dulu, nanti kslau sudah tunsny tinggi bru di gembos pki pupuk ... bir montok hehehe

Balas

saya juga ini sambil ngopi di kantin mas ...

Balas

kalau lupis disini gak ada mas, ada juga pukis hehehe

Balas

terima kasih infonya mang, sangat menarik sekali :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger