logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Lotek kuliner khas Sunda

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Lotek merupakan makanan khas Sunda, makanya di daerah Subang juga pasti bisa ditemuin di tempat – tempat keramaian, atau tempat – tempat pasar tradisional. Lotek memiliki aroma dan rasa yang spesifik ketimbang gado-gado khas Jakarta.

Menurut admin .... “Lotek itu makanan khas Sunda, dan mirip seperti gado-gado, hanya saja bumbunya lebih berbeda sehingga punya aroma yang tajam, kalau lotek memakai “cikur” alias kencur kalau gado – gado gak memakai kencur, gak percaya?. Coba aja tanya bu Yuli Merdekawati - Lurah Cigadung Subang ... Hehehe. “

FOTO : Bu Yuli Merdekawati, Lurah Cigadung memperlihatkan Lotek di acara Ulangtahun Kab. Subang. Foto dari medsos bu Lurah hehe.
 FOTO : "Saha nu seneng kana lotek?
He. ......" Kata Bu Yuli Merdekawati, Lurah Cigadung memperlihatkan Lotek di acara Ulang tahun Kab. Subang. Foto dari medsos bu Lurah .. hehe.

Untuk membuat lotek, caranya cukup sederhana, ini menurut yang saya ketahui loh ... kalau gak percaya silahkan tanya juga ke bu Lurah Cigadung ... hehehe.
 

i. Haluskan bumbu-bumbu, seperti bawang putih, cabai rawit bila suka pedas, garam, kacang, sedikit terasi, gula merah, kencur,.
 

ii. Setelah halus, Masukan bahan yang sudah di “seupan” rebusan / dikukus. Biasanya berupa rebusan / kukusan kacang panjang, kol, tauge, nangka muda, serta kangkung.
 

iii. Campurkan sayuran dan bumbu lotek.
 

Silahkan dicicipi loteknya .....  

Kata bu Lurah ... " Tuang lotek, tos raos sareng sehat teh, sami sareng ngabantos wargi urang, urang subang."

Kalau gak ngerti bahasanya, silahkan tanyakan juga ke bu Yuli Merdekawati - Lurah Cigadung ... Hehe ...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

ternyata lotek itu makanan khas sunda yang mirip dengan gado-gado, tapi itu gambarnya kok mirip pecel y :)

Balas

baru tahu saya kalo lotek dari sunda..
seringnya makan di jawa tengah sih

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger