--> Skip to main content

Resep Kolak Labu Kuning yang enak

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Labu kuning atau di daerah saya lebih tenar disebut Waluh. Labu Kuning merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk dibikin kolak yang enak. Bila buah labu kuning ini sudah tua, maka bisa disimpan dan bertahan hingga berbulan – bulan, asal belum dibelah atau di gores.

Labu kuning atau waluh merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Daging buahnya pun mengandung antiokisidan sebagai penangkal berbagai jenis kanker. Sayang, sejauh ini pemanfaatannya belum optimal.

Resep Kolak Labu Kuning yang enak
 Resep Kolak Labu Kuning yang enak
 

Salah satu cara praktis memasak labu kuning menjadi kolak yang enak dapat mengikuti resep sederhana berikut ini.

Bahan - bahan kolak labu kuning :
1 kg labu kuning
200 gr gula merah
1 liter santan agak kental
2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
1 sachet vanili
2 lembar daun pandan
200 ml air

Cara membuat kolak labu kuning :
i. Pertama bersihkan labu, buang biji dan kulitnya kemudian dipotong kotak-kotak lalu cuci hingga bersih dan sisihkan terlebih dahulu.

ii. Selanjutnya rebus santan kemudian masukan labu kuning ditambah garam, vanili, daun pandan, gula pasir dan larutan gula merah, masak hingga mendidih dan matang.

iii. Angkat dan sajikan selagi hangat

FOTO : Kolak labu campur kacang iji .... wiiidiiih mantab brayyy
FOTO : Kolak labu campur kacang ijo .... wiiidiiih mantab brayyy

Menurut yang saya ketahui buah labu dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan dan cita rasanya enak. Daunnya berfungsi sebagai sayur dan bijinya bermanfaat untuk dijadikan kuaci. Air buahnya berguna sebagai penawar racun binatang berbisa, sementara bijinya menjadi obat cacing pita.


FOTO : Kolak labu campur kacang iji. Anak saya yang kecil pun suka ....
 FOTO : Kolak labu campur kacang ijo. Anak saya yang kecil pun suka ....

Catatan : Hati – hati bagi orang yang memakai atau dipasang susuk pemikat, susuk pengasihan, susuk kesaktian karena kalau makan labu, susuknya akan keluar ... Hehehe

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments