logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

7 Keuntungan adanya Arsip di Blog

7 Keuntungan adanya Arsip di Blog

Judul tulisan 7 Keuntungan adanya Arsip di Blog, ini merupakan tulisan kiriman dari sahabat Patrick Prasetyo dari Surabaya. Nah, biar gak penasaran silahkan di baca langsung ya

Seringkali arsip menjadi bagian yang tidak cukup penting, padahal kenyataannya terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari arsip itu sendiri. Baik itu untuk admin Blog maupun pembacanya. Nah, berikut ini keuntungan yang bisa kita dapat bila menyisipkan arsip pada Blog.

7 Keuntungan adanya Arsip di Blog
 Gambar : 7 Keuntungan adanya Arsip di Blog. by Patrick Prasetyo

Indikator kerajinan menulis
Tentu saja kerutinan menulis di Blog memang perlu untuk dianalisa, banyak sekali cara untuk mengatasi hal ini, salah satunya dengan adanya arsip di Blog. Arsip pada umumnya terdiri atas beberapa postingan yang terbagi menjadi beberapa kategori disetiap Bulannya. Dengan begitu, admin bisa menganalisa mengenai kerajinan dalam menulis di Blognya.

Dengan menggunakan arsip sebagai indikator, tentu saja harapannya dapat segera memberikan motivasi untuk lebih memperbanyak postingan disetiap bulannya. Dengan adanya motivasi yang muncul ditambah dorongan niat yang kuat bisa memberikan semangat untuk terus menambah kerajinan menulis. Bukankah nantinya manfaat yang didapat juga kembali pada admin Blog itu sendiri. Arsip terdiri atas barisan link, tentu saja pencarian Link masing-masing postingan akan lebih tersusun.

Memudahkan Pencarian Postingan
Postingan memang bisa dicari menggunakan Fitur kotak pencarian, namun ada juga yang merasa cukup lama, belum lagi bila pencarian yang harus menggunakan judul yang sesuai agar artikel yang sesuai bisa ditemukan. Bagi pembaca mungkin pernah menjumpai artikel yang menarik di Blog Anda namun lupa melakukan bookmark.

Melalui Arsip mereka bisa mengamati tulisan yang ingin dicari dengan cukup mudah, karena mungkin ada sepatah dua kata yang mungkin diingat oleh pembaca, tidak secara lengkap. Sedangkan bagi Admin Blog, dimudahkan dalam menyisipkan Internal link bila ada postingan yang mungkin saja memiliki kaitan dengan beberapa posting lain atau cukup relevan.

Kemudahan penyisipan Internal Link
Internal link memanglah penting, karena memang bisa menjadi rujukan pada pembaca untuk melakukan hal yang sama, yakni membaca postingan terkait dari Internal Link. Meskipun masih dalam blog yang sama namun pada halaman yang berbeda. Internal Link memang bisa ditemukan dibanyak tempat pada postingan Blog dan bisa saja muncul otomatis seperti Artikel rujukan ataupun dibuat manual dengan cara penyisipan pada Postingan di Blog.

Adanya arsip membuat Internal Link jauh lebih tertata, selain nyaman untuk dipandang. Pengunjung bisa lebih leluasa karena sifatnya yang diam dan tidak dinamis, seperti artikel Rujukan yang diset menjadi otomatis dengan bantuan plugin maupun script secara langsung. Adanya arsip dapat membuat internal link memiliki peluang untuk dikunjungi, karena bila mereka ingin membacanya sewaktu-waktu, mereka tinggal mengingat di Bulan berapakah postingan yang mereka cari. Sehingga, postingan yang berada pada posisi terdahulu tidak menjadi tulisan yang terlupakan.

Membuat Tulisan tak terlupakan
Arsip memanglah akurat dalam menyusun beragam link postingan di Blo ata situs Anda. Namun, ada kalanya postingan tersebut harus berada pada posisi terdahulu, karena tentunya pembaharuan artikel akan terus terjadi. Kalaupun sudah disisipkan Artikel rujukan atau related articles. Tentu saja tak semua pengunjung akan puas dengan rujukan yang ada, adanya arsip dapat membuka seluruh postingan yang pernah ada di situs atau Blog tersebut.

Sehingga, dengan adanya jalan untuk melihat-lihat keseluruhan artikel bisa memancing rasa penasaran pengunjung untuk membaca tulisan dari Blog Anda yang lain (tentu dengan dukungan penulisan artikel, khususnya judul). Setidaknya sebagai admin bisa memberikan kebebasan pada pengunjungnya dalam melihat daftar isi Blog tersebut.

Meningkatkan Page View Blog
Dengan penyuguhan link-link postingan yang sudah dibuat melalui arsip, beberapa diantaranya mungkin ada yang menarik minat pengunjung untuk membaca tulisan Anda. Dari sanalah Page view Anda bisa meningkat, itu karena mereka sebagai pembaca yang memilih mana artikel yang menurut mereka menarik untuk dibaca, bukan admin Blog tersebut.

Adanya Arsip membuat semua link begitu terbuka menerima pembaca yang mungkin ingin membacanya. Dengan banyaknya artikel yang dibaca, makin banyak page view yang bisa Anda dapatkan dari pengunjung Anda.

Sumber ide untuk Postingan
Namanya kebuntuan ide memang bukan hal baru lagi, terkadang meskipun sudah banyak membaca dan menggali inspirasi tapi ide untuk postingan terkadang masih kunjung muncul. Sumber ide untuk postingan memang bisa berawal dari banyak hal, termasuk dari arsip Blog. Beberapa tulisan yang sudah kita buat mungkin ada yang bisa dikembangkan.

Melalui arsip bisa dibaca lagi beberapa tulisan yang sudah dibuat sebelumnya untuk digali bagian-bagian yang dirasa kurang untuk bisa dilengkapi. Tentunya bisa menjadi pertolongan bagi Admin yang mungkin saja kebetulan tidak memiliki banyak waktu untuk memikirkan ide postingan.

Memberikan kesan Rapi
Kesan rapi dan bersih tentunya menjadi keinginan setiap pengunjung, salah satunya dalam penyusunan link postingan. Kesan rapi mungkin dipengaruhi banyak hal, mulai dari penataan, pemilihan warna hingga komponen lainnya.

Adanya arsip memberikan konribusi kerapian pada Blog, karena meskipun ada banyak link postingan namun semuanya begitu tersusun berdasarkan urutan. Tentu saja kesan yang positif ditinggalkan oleh seorang admin Blog dapat memberikan dampak yang baik pula kedepannya.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari adanya arsip di Blog Anda. Tentu saja, semuanya akan memberikan dampak pada Blog kedepannya. Semoga bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi kita semua yang mungkin masih belum mengerti tentang pentingnya arsip di Blog.

Ini artikel - artikel dari mas Patrick Prasetyo :
5 Sebab Blog Anda Miskin Follower  
Mengelola banyak blog, membuat Blogger tidak produktif, Benarkah? 
7 Tips menjadi Blogger Part Time yang produktif
7 Keuntungan adanya Arsip di Blog

Ini artikel dari penulis lainnya :
Jimbaran, lejatnya ikan bakar laut pedas di malam hari.
Mau nyontek eh malah kursi ikut ambruk jadi ketahuan deh. 
Mengenang Acara Perpisahan MTs Mekarwangi  
Menggapai impian mengejar cita-cita. 
Cara mengusir nyamuk yang jitu 
Cerita Burung pipit dan buku catatan Ayah 
Siluman Buaya Sungai Cipunagara Pagaden 
Misteri Bangku sekolah PGRI yang Kosong. 
Tips Memasak Mie Kuah Sehat  
GRAPEFRUIT SALAD WITH THAI DRESSING.

Atau kunjungi di Kiriman sahabat
--------------------------------------------------------------------------
Penulis      :  Patrick Prasetyo 
Dari          :  Surabaya 
Google+    :  +patrick prasetyo Prasetyo 
Website    : patrick-prasetyo.blogspot.com

"Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik. Kirimkan tulisan anda ke e-mail (blogmangyono@gmail.com)."
"Blog Mang Yono  sudah memposting 23 kiriman dari sahabat"

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Betul sekali mas Patrick Prasetyo, makanya saya juga di blog ini memakai atau menambahkan arsip....

Terimakasih juga sudah mengirimkan artikelnya ke blog ini mas

Balas

Ternyata manfaat arsip blog banyak sekali, sangat bermanfaat postingannya mang :)

Balas

naha taya nu kapake ku sayah nya..?
saya tidak rajin nulis
tidak pernah nyari postingan jadul
abis nulis langsung melupakan
hahahapunten mang
nuju error sapertos mang lembu yeuh...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger