logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Anak saya piara ayam kampung dengan dilepas

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Tulisan ini merupakan tulisan lanjutan tentang tulisan sebelumnya yang berjudul Cara memisahkan anak ayam kampung dari induknya... Tulisan tentang Anak saya yang suka sekali piara anak ayam kampung, Memang betul sekali piara ayam itu buat pembelajaran menyayangi binatang dan berbagi.

Disamping itu ayam kampung mempunyai nilai gizi yang baik, mempunyai rasa yang lebih khas dan nikmat dibanding dengan jenis ayam pedaging maupun petelur. Serat yang liat dan kenyal menjadi ciri rasa utamaya. Bahkan setiap lebaran ayam kampung identik dengan makanan yang harus diada-adakan selain gak usah beli... #Bagi yang piara ayam kampung ... Hehe.

Anak saya piara ayam kampung dengan dilepas
Anak saya piara ayam kampung dengan dilepas

Menurut yang saya baca ayam kampung mempunyai keistimewaan dibanding yang lain, diantaranya : Ayam kampung lebih tahan terhadap penyakit. Tahan dan mudah menyesuaikan dengan cuaca di Indonesia. Makanannya mudah, bahkan bila di pelihara ala kadarnya cukup diberi makanan sisa-sisa. Dapat dilepas secara bebas. Seperti yang anak saya lakukan... Piara ayam kampung yang dipisahkan sejak kecil dari indukya sekarang sudah sedikit besar... Sedangkan induknya sudah mengeram telur lagi, 20 hari kedepan telurnya siap menetas.

Foto : Anak ayam kampung dengan dilepas
Foto : Anak ayam kampung dengan dilepas

Tujuan anak saya memlihara ayam kampung adalah untuk diambil telur, daging, dan untuk dikembang biakkan. Ayam kampung  juga siap membesarkan anak-anaknya sendiri bila dilepas bebas.

 Foto : Anak saya yang kecil " Gigin "
 Foto : Anak saya yang kecil " Gigin " malah nangkap terus melempar anak ayam kampung yang sedang makan

Ayam kampung yang dilepas bebas biasanya mempunyai tingkat kekebalan yang tinggi. Kita bisa menghemat biaya makanan. Karena ayam cukup diberi makan pagi hari saat akan dilepas berupa sisa-sisa makanan dan tambahan pakan pur secukupnya. Selebihnya ayam akan mencari makan sendiri disekitar rumah. 



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

duh si gigin main dengan ayam :) lutuna :)

Balas

kalau miara ayam lebih baik dilepas ya mas lebih irit ngasih makan ayamnya:)

Balas

ya harus di kasih kandang juga atuh kang masa iya ayamnya gk punya rumah kan kasian.

Balas

kebanyakan dikampung saya dulu, di banjarmasin dan kalbar miara ayam kampung selalu dilepas dan diberi makan. nanti kalau udah sore dimasukkan lagi ke dalam kandang. paman saya miara ayam kampung dilepas aja dan dia tidur di atas pohon jambu yang tidak terlalu tinggi.

banyak kelebihan ayam kampung, rasanya yang khas dan lebih tahan penyakit...selain itu miaranya juga tidak repot mas.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger