logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bambu Gombong / Awi Andong (Gigantochloa maxima Kurz)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Bambu Gombong, Awi Andong “Sunda “  (Gigantochloa maxima Kurz) mempunyai buluh berwarna hijau kekuning-kuningan dengan garis-garis kuning yang sejajar dengan buluhnya. Rumpunnya tidak terlalu rapat. Tinggi bambu ini dapat mencapai 20 meter, sedangkan utuk garis tengahnya sampai 10 centimeter. 

Bambu ini besar. Biasanya jenis bambu ini digunakan sebagai bahan bangunan, anyaman atau kerajinan tangan, juga bisa digunakan untuk membuat kuda-kuda rumah. Bisa juga untuk tiang atau kolom.. Di desa-desa bambu ini digunakan juga sebagai saluran air, yaitu dengan cara menghilangkan sekat-sekatnya. Atau bisa juga dibuat meriam - meriaman.... Hehehhe. 

Bambu Gombong/ Awi Andong (Gigantochloa maxima Kurz)
 Bambu Gombong/ Awi Andong (Gigantochloa maxima Kurz)

Perbanyakan bambu ini dilakukan dengan rimpangnya atau potongan buluhnya. Perbanyakan dengan biji atau cangkokan belum pernah saya temui, mungkin karena bijinya jarang didapat. 

Baca juga :  

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

wah, saya tahunya kalau yang ini digunakan saluran air yang difilter.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger