--> Skip to main content

Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Ternak Kambing

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Ternak Kambing – Makanan ternak fermentasi merupakan cara yang modern untuk budidaya kambing .

Pakan ternak kambing fermentasi ini makanan ternak dengan memanfaatkan limbah seperti jerami dan pohon pisang (debog). Makanan fermentasi ini merupakan pakan organik dan ampuh pada pertumbuhan kambing yang di budidaya. Baca Cara baru ternak kambing tradisional di perdesaan

FOTO : Kambing Mbek dan Kambing Gembel.
 FOTO : Kambing Mbek dan Kambing Gembel.

Pemanfaatan limbah sebagai pakan ternak kambing atau disebut pakan fermentasi ini merupakan  pemanfaatkan bakteri pada Starbio maupun EM4 yang digabungkan dengan limbah jerami, gedebog, rumput kering ataupun ampas kacang sebagai bahan makanan utama. Menurut yang saya baca makanan ternak fermentasi ini bisa menaikan berat badan kambing sekitar 3 kg dalam waktu 10 hari. 

Awalnya cara fermentasi pakan ini banyak dimanfaatkan peternak sebagai pakan alternatif di musim kemarau, karena pada saat itu untuk mendapatkan bahan makanan utama terutama hijauan sangat sulit. 

Berikut saya tulis cara pembuatan pakan fermentasi untuk ternak kambing:
i. Jerami atau gedebong Pisang dicacah kecil-kecil. 

ii. Lalu siapkan larutan dari gula pasir dan parutan nanas dicampur dengan air  aduk rata diamkan sejenak selama kurang lebih 30 menit.

iii. Campurkan bahan utama yaitu jerami atau pohon pisang yang sudah dipotong kecil - kecil, Ampas tahu dan Katul ke dalam wadah yang besar.

iv. Masukan larutan gula pasir dan parutan nanas yang sudah tercampur tadi kedalam air ±10 liter lalu siramkan secara merata ke dalam campuran pakan dalam wadah besar, untuk tambahan taburkan garam dan aduk lagi terus menerus hingga semuanya tercampur rata.

v. Masukan Pakan kedalam  wadah atau drum plastik lalu tutup dengan terpal tujuannya agar kedap udara selama kurang lebih 1 hari.

Nah, pakan fermentasi sudah siap untuk diberikan pada ternak kambing atau sapi setiap pagi dan sore.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments