logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Ternak Kambing

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Ternak Kambing – Makanan ternak fermentasi merupakan cara yang modern untuk budidaya kambing .

Pakan ternak kambing fermentasi ini makanan ternak dengan memanfaatkan limbah seperti jerami dan pohon pisang (debog). Makanan fermentasi ini merupakan pakan organik dan ampuh pada pertumbuhan kambing yang di budidaya. Baca Cara baru ternak kambing tradisional di perdesaan

FOTO : Kambing Mbek dan Kambing Gembel.
 FOTO : Kambing Mbek dan Kambing Gembel.

Pemanfaatan limbah sebagai pakan ternak kambing atau disebut pakan fermentasi ini merupakan  pemanfaatkan bakteri pada Starbio maupun EM4 yang digabungkan dengan limbah jerami, gedebog, rumput kering ataupun ampas kacang sebagai bahan makanan utama. Menurut yang saya baca makanan ternak fermentasi ini bisa menaikan berat badan kambing sekitar 3 kg dalam waktu 10 hari. 

Awalnya cara fermentasi pakan ini banyak dimanfaatkan peternak sebagai pakan alternatif di musim kemarau, karena pada saat itu untuk mendapatkan bahan makanan utama terutama hijauan sangat sulit. 

Berikut saya tulis cara pembuatan pakan fermentasi untuk ternak kambing:
i. Jerami atau gedebong Pisang dicacah kecil-kecil. 

ii. Lalu siapkan larutan dari gula pasir dan parutan nanas dicampur dengan air  aduk rata diamkan sejenak selama kurang lebih 30 menit.

iii. Campurkan bahan utama yaitu jerami atau pohon pisang yang sudah dipotong kecil - kecil, Ampas tahu dan Katul ke dalam wadah yang besar.

iv. Masukan larutan gula pasir dan parutan nanas yang sudah tercampur tadi kedalam air ±10 liter lalu siramkan secara merata ke dalam campuran pakan dalam wadah besar, untuk tambahan taburkan garam dan aduk lagi terus menerus hingga semuanya tercampur rata.

v. Masukan Pakan kedalam  wadah atau drum plastik lalu tutup dengan terpal tujuannya agar kedap udara selama kurang lebih 1 hari.

Nah, pakan fermentasi sudah siap untuk diberikan pada ternak kambing atau sapi setiap pagi dan sore.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Sngat cocok di tempat saya sbg makanan alternatif di musim kemarau buat kambing soalnya sulit mencari rumput disini waktu musim kemarau

Balas

Difermentasi atuh jadi peuyeum, mang...

Balas

iya bang, cocok tuh buat persediaan di musim kemarau biar gak kekurangan pakan

Balas

betul sekali kang, orang yang sering makan peuyeum juga jadi endut beuteungna khan?

Balas

Takarannya gimana jangan cuma bahanya

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger