--> Skip to main content

Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA, Kelurahan Wanareja, Subang

Setiap wilayah di Indonesia pasti memiliki aliran ilmu pencak silat. Namun dari sekian banyak aliran, pencak silat ternyata berasal dari satu sumber yakni Pencak Sunda (Jawa Barat).

Menurut yang admin ketahui pencak silat berasal dari silat Cimande, Bogor. Silat Cimande sendiri sudah ada sebelum zaman kerajaan Padjajaran.... Sepertinya admin juga belum lahir deh ... Hehehe. 

Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA
Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA, Kelurahan Wanareja, Subang 


Dengan berkembangnya jaman Silat pun berkembang ke Sumatera Barat dan menyebar ke seluruh Nusantara hingga luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Timur Tengah, Eropa hingga Afrika. Jadi, bisa dikatakan jika Pencak Sunda adalah saudara tua dari pencak silat yang ada.

Arti kata Pencak itu berasal dari bahasa sunda yang mempunyai artinya LIMA, sedangkan kata silat diambil dari kata dialek bahasa Sumatera Barat yang maknanya ILMU GERAK YANG SEMPURNA.

Mudah – mudahan Ketua Federasi Pencak Silat Dunia, Prabowo Subianto bisa dijadikan Pencak Sunda dan Silek Minang sebagai upaya melestarikan budaya pencak silat. Karena saat ini, sedikit demi sedikit mulai tergerus budaya asing.

Sebagai generasi penerus, sudah sepatutnya kita harus melestarikan budaya asli Indonesia. Kemudian mengajak masyarakat menjaga budaya tersebut... Seperti yang dilakukan Nini Subang ( Yuli Merdekawati ) Lurah Cigadung, Subang yang ikut Gempung tarung jawara Subang di acara Safari Budaya,  PAGURON CIUNG WANARA, Kelurahan Wanareja, Subang 

Berikut ini status dan foto yang ditulis dan di unggah ke akun media sosial Nini Subang dan Yuli Merdekawati.

"AJEG DINA KUDA-KUDA, NAPAK JAGAT ! he ....
Seni pencak silat merupakan salah satu warisan dari sekian banyak "kamonesan" yang tlah diciptakan orang tua kita dahulu untuk menjaga pertahanan dan melindungi diri, sayang tidak banyak yang mempelajari ini sekaligus "ngamumule" nya. Di salah satu sudut kota subang tepatnya di kel.wanareja berdiri satu padepokan yang diberi nama padepokan ciung wanara yang tetap ajeg mengajegkan kuda-kuda buhun warisan karuhun, prung ah!"

Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA. Subang
Lurah Cigadung Yuli Merdekawati pencak silat di PAGURON CIUNG WANARA. 

"Ini moment SAFARI BUDAYA kita malam tadi di PAGURON CIUNG WANARA kel.wanareja-subang, bersama jewara-jawara subang TANDANG TANDING.... SAFARI BUDAYA, NYOBIAN IBING PENCAK SILAT DI PAGURON CIUNG WANARA, MINANGKA PANGDEUDEUL KANGGE JAWARA-JAWARA SUBANG."

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments