--> Skip to main content

Warga Pagaden Barat berharap pengerukan sungai Ciasem

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Pagaden Barat - Ratusan warga Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, berharap sungai Ciasem segera dikeruk karena sudah dangkal dan makin menyempit sehingga rawan banjir.

Harapan warga ini mudah – mudahan ada yang menyampaikan kepada pihak terkait agar segera dikeruk karena dangkal, panjang sungai yang mendangkal ini kira – kira 1 Km. Dari mulai Bendungan Macan sampai dengan bendungan Gondang / Bakan Bandung, Kampung Gondang, Mekarwangi

 Warga Pagaden Barat berharap pengerukan sungai Ciasem

Di sisi lain, Sungai Ciasem membantu petani untuk meningkatkan produksi padi. Lahan pertanian di Kecamatan Pagaden Barat yang dialiri sungai Ciasem ini sekitar 400 hektare, merupakan sawah produktif dengan mengandalkan pasokan air dari Sungai Ciasem petani mampu tanam pada musim kemarau ... Jadi pertahunnya 3 kali tanam padi.

Memasuki musim hujan, daerah Bakan Bandung, Kampung Gardu rawan banjir, karena  sungai yang dangkal dan menyempit.

Ini Foto jepretan di Sasak Serong...
Ini Foto jepretan di Sasak Serong... Terlihat sungai makin menyempit dan dangkal. Arah mendekat Sasak / jembatan Serong, arah menjauh Bendungan Macan... Perbatasan kampung Gardu, Kecamatan Pagaden Barat Kampung dengan Pangadungan, Kecamatan Cikaum. Dulu waktu admin masih kecil suka mandi di daerah sasak serong dan bendungan Macan... Malahan suka lompat dari atas jembatan yang tingginya sekitar 12 Meteran... dulu sungai dan airnya masih dalam sekitar 3 meteran... mungkin sekarang mah sebatas lutut ... hehehe

Arah mendekat Bendungan Macan, arah menjauh Bakan Bandung
 Ini Foto jepretan di Sasak Serong... Arah mendekat Bendungan Macan, arah menjauh Bakan Bandung, Kampung Gardu kecil, Gardu Besar, Gondang.

Arah mendekat Bendungan Gondang, arah menjauh kampung Gardu Besar,Gardu Kecil, Sasak Serong
Ini Foto jepretan di Sawah Bakan Bandung... Arah mendekat Bendungan Gondang, arah menjauh kampung Gardu Besar,Gardu Kecil, Sasak Serong.

Arah mendekat kampung Gardu Besar,Gardu Kecil, Sasak Serong. Arah menjauh Bendungan Gondang
Ini Foto jepretan di Sawah Bakan Bandung... Arah mendekat kampung Gardu Besar,Gardu Kecil, Sasak Serong. Arah menjauh Bendungan Gondang.

Dulu waktu saya masih kecil admin suka mandi di sungai ini lebarnya sekitar 8 Meteran dan dalamnya sekitar 2 Meteran, sekarang lebarnya kira - kira sekitar 2 meter...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments