--> Skip to main content

Khasiat dari Leunca

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Khasiat dari Leunca .... Leunca itu bukan pribahasa ... "Ulah lunca linci luncat mulang udar tina tali gadang" ... Hehehe.

Leunca adalah lalapan atau bisa juga disayur, dibuat ulukutek dengan oncom... Leunca ini yang sangat dikenal di masyarakat. Di Jawa disebut Ranti atau Bobosa, nama latinnya Solanum nigrum L, dan digolongkan dalam keluarga solanaceae (labu-labuan). Katanya tanaman ini berasal dari Eropa dan Asia Barat. Kalau admin biasanya leunca dikonsumsi sebagai lalapan atau dibuat karedok.

FOTO : Tanaman Leunca di sawah admin
FOTO : Tanaman Leunca di sawah admin di bakan Bandung, Kampung Gardu, Bendungan, Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat, Indonesia

Nah, menurut yang saya baca di media, leunca ini dipercaya memiliki khasiat untuk berbagai penyakit. Buah dan daun tanaman ini telah digunakan sebagai obat pusing, untuk mengurangi radang ginjal dan kandung kencing, juga sebagai anti diare. 

Khasiat atau manfaat dari buah yang mungil dan berwarna hijau bila masih muda atau ungu setelah buahnya tua bisa mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti herpes, borok dsb. Selain itu buah leunca juga bisa menjadi obat kanker yang alami dan mujarab ..

Khasiat dan cara meramunya silahkan baca di postingan Leunca untuk mengobati Infeksi saluran kencing dan Keputihan

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments