--> Skip to main content

Kenapa kok Seumur jagung bukan seumur padi.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Iseng-iseng di kantor karena ga ada kerjaan, saya ngobrol aja bareng temen - temen. Ngobrol ngalor ngidul sampai akhirnya membahas “seumur jagung”. Seketika saya langsung mikir, kenapa sih mesti “seumur jagung” Begitu pendekkah umur jagung hingga harus dibuat jadi pribahasa.

Padahal umur tanaman itu khan sekitar 3 - 4 bulanan atau 120 - 160 hari dalam satu siklus hidup. Wah, ternyata ga pendek-pendek banget usianya ya. Lebih panjang daripada siklus hidup padi.

Kenapa kok Seumur jagung bukan seumur padi.
 Kenapa kok Seumur jagung bukan seumur padi. Foto tanaman padi dan jagung jepretan admin di sawah Bakan Bandung, Pagaden Barat, Subang

Padi itu kan lebih pendek ada yang 110 hari sudah panen. Tuh, terbukti Padi fasa hidupnya jauh lebih pendek daripada jagung. Tapi kenapa orang-orang ga pernah bilang, “wah, usia pernikahan mereka seumur padi“, hahaha. 

Udah lah membahas jagung melulu... Kita pindah ke istilah “anak bawang”. Dulu setiap kali maen petak umpet bareng temen-temen, saya yang notabene punya badan mungil (kecil) selalu jadi “anak bawang”. Kenapa coba saya disama-samain dengan bawang. Perasaan kulit saya ga seputih bawang putih dan tak semerah bawang merah, apalagi mirip bawang bombay….hadeuhhh.... Hahaha.

Sampai usia setua sekarang pun saya belom pernah ngeliat anaknya bawang. Yang saya tahu cuma bawang yang udah gede sama bawang yang udah digoreng,slurrrp. Sekecil apakah anak bawang itu sampe-sampe saya disamakan anak bawang... Hehehe.

Sudah ah... Mau kerja lagi... Nanti ngobrol melulu malah disemprot sama pak Boss ....
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments