logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kesenian Sisingaan Khas Subang, Jawa Barat, Indonesia... Tetap Ada

Sampurasun Rampes.

MANGYONO.com -  Kesenian Sisingaan Dari Subang

Beberapa kesenian tradisi menempatkan hewan singan sebagai tokoh. Salah satunya adalah kesenian Sisingaan, khas dari Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kesenian khas budaya Sunda ini dapat ditemukan di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sisingaan merupakan seni pertunjukan rakyat Subang yang masih bertahan. Kesenian rakyat ini dipertunjukan dalam bentuk arak-arakan.

Kesenian Sisingaan Dari Subang
FOTO : Anak sulung admin "Gugum" Naik sisingaan

Kesenian ini biasanya ditampilkan pada acara khusus, seperti menyambut tamu agung, perayaan hari ulang tahun kemerdekaan, ataupun acara syukuran dan hajatan warga.  

Kalau ingin menyaksikan sisingaan, sisakan saja waktu anda sekitar bulan Agustus. Sebab biasanya beragam kesenian pertunjukan tradisional, acap dipertontonkan di hadapan massa. Tak hanya di Kabupaten Subang khususnya, maupun Jawa Barat umumnya. Bahkan di Ibukota Negara pun dipertunjukkan.

Konon dikisahkan, kesenian Sisingaan terkait erat dengan salah satu bentuk perlawanan rakyat terhadap penjajah. Perlawanan tersebut diwujudkan melalui binatang Singa kembar. Dua singa yang ditandu digambarkan sebagai lambang penjajah, sementara pengusungnya, dilambangkan sebagai rakyat yang terjajah. Singa sendiri adalah lambang negara Inggris. Sementara dalam Sisingaan, boneka singa dinaiki anak kecil, dimaksudkan untuk memperolok penjajah (Inggris) yang datang ke Indonesia dengan membonceng tentara Belanda.

Baca juga : Sisingaan dari kabupaten Subang atau odong - odong

Nah, untuk menyaksikan kesenian Odong-odong yang asli (Sisingaan), Anda bisa ke pusat Kota Subang, Jawa Barat, tiap bulan April yaitu tanggal 12 April yang merupakan Hari Jadi Kota Subang, biasanya ada gelaran festival Sisingaan.

Untuk menjangkau kota Subang... Dengan mobil sendiri dari Jakarta, masuk tol Cipali nanti keluar pintu tol Subang, atau keluar pintu Tol Kalijati. Jika menggunakan kendaraan umum dari Terminal Kampung Rambutan, tersedia bus AC. Tarif Rp 32.000.

Pada saat berkunjung ke Subang jangan lupa beli oleh - oleh sisingaan mininya ya...  Seperti Foto sisingaan mini di bawah ini.

FOTO : Anak bontot admin "Gigin" Naik sisingaan mini
 FOTO : Anak bontot admin "Gigin" Naik sisingaan mini

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger