--> Skip to main content

Bunga Asoka, Bunga Pengusir Sedih

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Bunga Asoka, Si Pengusir Sedih

Menurut yang saya baca ... Kata “Asoka”  ini berasal dari bahasa Sanskerta dan berarti bebas dari kesedihan (Soka berarti sedih, A berarti tanpa, jadinya Asoka itu Tanpa Sedih ).

Sebagai bunga, Asoka cukup populer dijadikan tanaman hias. Di Indonesia sendiri, cukup mudah mendapati Asoka tumbuh subur di pekarangan rumah... Termasuk pekarangan rumah saya juga... Hehehe. Perawatan yang mudah serta tampilan bunganya yang cantik memang memaksa banyak orang untuk jatuh hati pada pandangan pertama... Hehehe. Tahukah Sobat selain dijuluki si pengusir kesedihan, bunga Asoka juga dijuluki Flame of the Wood atau Api Hutan. Sebutan ini boleh jadi karena warna bunganya yang mencolok dan terlihat hangat seperti api.

Bunga Asoka, Bunga Pengusir Sedih
 Bunga Asoka, Bunga Pengusir Sedih

Dari tampilan fisik, bunga Asoka memiliki ciri-ciri :
  • Berbatang tegak, dengan pohon berkayu bulat. Sistem percabangannya simpodial dan berwarna putih kotor.
  • Bagian daun bunga Asoka cenderung lonjong dengan bagian pangkal meruncing. Daun ini bersifat tunggal dan pertulangannya menyirip.
  • Bunga asoka bisa dijumpai dalam berbagai warna antara lain merah muda, merah terang hingga oranye. Bunga ini bersifat majemuk, berkelamin dua dengan kelompak serupa corong. Benang sarinya berjumlah empat dan bagian kepala sarinya melekat pada bagian mahkota.
  • Akar bunga asoka bersifat tunggang, warnanya kecoklatan.
  • Bunga Asoka masuk ke dalam kerabat Fabaceae atau polong-polongan. Jadi, Anda juga bisa menjumpai biji pada tanaman ini.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments