--> Skip to main content

Pengaruh cahaya pada pertumbuhan tanaman

Sampurasun ...  Rampes.

MANGYONO.comPengaruh cahaya pada pertumbuhan tanaman

Dahulu waktu saya sekolah SD, semua murid mendapat tugas tentang Perkembangan dan Pertumbuhan. Dan tanaman yang di gunakan untuk praktikum yaitu Biji Kacang Hijau atau ditempat saya mah disebut kacang hejo... Karena warnanya hejo / hijau.

Dahulu timbul pertanyaan, kenapa coba biji kacang yang ditanam di tempat yang gelap lebih cepat memanjang dari pada di tempat terang??.

Pengaruh cahaya pada pertumbuhan tanaman

Nah, menurut ibu guru ....  Karena tanaman membutuhkan cahaya dan tumbuhan tersebut menuju arah datangnya cahaya.

Eh, waktu hari minggu anak saya yang sulung tanya ... Saya bilang aja ke si kakak mau ke belakang dulu... Padahalmah saya mau googling di internet cari jawaban untuk pertanyaan si kaka ... Setelah Googling di internet, saya malah baru paham tumbuhan yang terkena cahaya lambat sedangkan yang ditempat gelap cepat memanjang.. Karena cahaya digunakan tanaman untuk proses fotosintesis.... Ah, dulu kemana aja saya ini, sampai baru paham sekarang ... hehehe.

Lalu saya catet dan terangkan ke si kakak... dan saya catet juga sekarang di postingan ... Biar nanti kalau saya lupa dan nyari - nyari lagi gak susah.. hehe ....Kata sayah teh... Tanaman yang kurang cahaya (ditanam di area gelap) batangnya lebih panjang, hal ini karena tanaman berusaha mencari cahaya untuk keperluan fotosintesis.
Tanaman yang cukup cahaya terlihat lebih sehat dan segar.

Daun tanaman-tanaman yang kurang cahaya jauh lebih kecil dan kusam kekuningan dibandingkan dengan tanaman yang cukup cahaya. Daun tanaman yang cukup cahaya lebih lebar, hijau segar.

Pada tanaman yang berada di tempat yang gelap hormon auksin bekerja lebih aktif daripada tanaman yang terkena cahaya, sehingga tanaman yang berada di tempat yang gelap terjadi pemanjangan sel. Di tempat yang terang hormon auksin mudah rusak oleh intensitas cahaya yang tinggi.
Di tempat yang terang pertumbuhan tanaman menjadi terhambat, dan di tempat yang gelap terjadi etolasi (pemanjangan diujung melekuk).

Baca juga : 
Cara Menanam kacang Hijau di sawah bekas tanaman padi ( Bagian 1 ) 
Cara menanam kacang Hijau di sawah bekas tanaman padi ( Bagian 2 )
Cara pengendalian hama dan penyakit kacang hijau  
Panen Kacang hijau (Vigna radiata) di sawah.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments