--> Skip to main content

Tidak ada gorong - gorong sementara dari normalisasi sungai Ciasem

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Tidak ada gorong - gorong dari normalisasi sungai Ciasem, Pagaden Barat, Subang.

Puluhan warga Dusun Gardu yang mempunyai sawah di Bakan bandung, Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat memprotes pengerjaan normalisasi Sungai Ciasem yang berdampak pada lahan sawah yang sudah ditanami padi.

Aksi tersebut dilakukan lantaran tidak pernah mendapat sosialisasi dari pemerintah atas normalisasi tersebut, saya pun demikian, kecewa lantaran pengerjaan tanpa melalui proses pimbicaraan dengan warga.... Terutama pada pembuatan gorong - gorong.

Tak ada gorong - gorong dari normalisasi sungai Ciasem
 Tak ada gorong - gorong dari normalisasi sungai Ciasem


"Kita bukannya tidak mendukung program dari pemerintah. Cuma harus ada prosedur dan aturannya juga. ".

Pihak kontraktor, tidak membuatkan gorong – gorong sementara, bahkan gorong – gorong yang sudah ada pun ditutup. Menurut yang admin ketahui ada 3 gorong - gorong yang ditutup dengan cara ditimbun... Kumaha atuh kang ieu teh?.

FOTO ; Penimbunan dan pelebaran bantaran sungai.

Warga tidak dapat berbuat banyak dan memilih menghindar dan mencari inisiatip bersama - sama dengan pemilik sawah yang lain agar tidak terjadi perselisihan diantara kita ( perselisihan antara kontraktor dan warga petani ). Dengan kesepakatan bersama, petani melakukan udunan / iuran untuk membeli pipa 8” yang dijadikan gorong – gorong sementara.... 

FOTO : Gorong - gorong dari pipa 8" hasil udunan petani. Sisi arah ke sungai.
FOTO : Gorong - gorong dari pipa 8" hasil udunan petani. Sisi arah ke sungai.

Petani Bakan Bandung berharap pemerintah dapat memberikan kejelasan Pembuatan gorong - gorong terhadap pengairan sawah tersebut.

"Kita berharap pemerintah bisa kasih kejelasan. Jangan main tutup gorong – gorong yang ada... Pikirkan lah dulu bagaimana cara untuk mengairi sawah yang sudah ditanami tersebut.”

FOTO : Gorong - gorong dari pipa 8" hasil udunan petani. Sisi arah ke sawah.
FOTO : Gorong - gorong dari pipa 8" hasil udunan petani. Sisi arah ke sawah.


Saya  bukan tidak mendukung program pemerintah untuk menormalisasi Sungai Ciasem. Namun, jika ada dampak terhadap lahan sawah warga yang sudah ditanami padi, saya berharap agar dilakukan melalui prosedur dan sosialisasi dengan warga petani yang mempunyai sawah di Bakan Bandung terlebih dulu....

"Kita mendukung program pemerintah. Cuma kita mesti tahu bagai mana tentang pengairan sawah yang sudah terlanjur ditanami padi seperti di sawah admin, apakah akan dibuatkan gorong – gorong atau gimana ".

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments