--> Skip to main content

Tradisi gotong - royong ngahiras pembongkaran rumah di Subang

Sampurasun ..  Rampes.

MANGYONO.com –  Tradisi gotong - royong ngaruag / pembongkaran rumah di Subang

Ngaruag atau ngarakrak / membongkar rumah, atau biasa disebut ngahiras ngarakrak imah.. istilah itu biasa dilakukan dengan Gotong royong ... Tradisi yang patut diacungi jempol di Dusun Gardu , Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia.

Tradisi gotong - royong ngahiras pembongkaran rumah di Subang
 Tradisi gotong - royong ngahiras pembongkaran rumah di Subang


Baca juga : Tradisi Gotong Royong di Dusun Gardu, Subang



Tradisi Gotong Royong yang saya tulis ini tradisi gotong royong pada pembongkaran Rumah, tepatnya di RT.10/04, Dusun Gardu.

Kebiasaan ini berlaku bagi semua warga, tak membedakan si kaya dan si miskin, tua - muda. Bujang - perawan, duda – janda, Jomblo – jomblowati, kakek - nenek semuanya dilakukan dengan kebiasaan Gotong Royong. bersama warga sekitar dari dusun Gardu. 

FOTO : Gotong royong ngahiras di dusun Gardu, proses menurunkan genteng
FOTO : Gotong royong ngahiras di dusun Gardu, proses menurunkan genteng

Tradisi Gotong Royong di daerah saya ini, tanpa di tunggangi unsur politik, ini adalah murni dari hati nurani warga dusun Gardu yang sudah ada sejak jaman orde lama, orede baru dan orde – orde lainnya.... Hehehe. Kalau didaerah lain mungkin tidak ada kebiasaan Gotong Royong seperti di dusun Gardu / di tempat saya ini.

FOTO : Gotong royong ngahiras di dusun Gardu, proses pembongkaran reng, kaso dan kuda - kuda / rangka atap kayu.


Dari foto ini terlihat bagaimana kegiatan gotong royong pembongkaran rumah dari mulai pembongkaran genteng, reng, kaso, kuda – kuda, galar, dan lainnya...

Keunikan dari gotong royong ini yaitu pada acara makan, yaitu makan bersama – sama sambil ngariung / berkumpul dengan lesehan, walaupun makannya seadanya, ikan asin, lalapan dari berbagai jenis, seupan, sayur sambal dan nasi pulen ( karena ditempat saya ini semua warga mengkonsumsi nasi pulen semua, maklum khan padinya nanam sendiri ) makan jadi serasa nikmat.

FOTO :  Gotong royong ngahiras di dusun Gardu, acara makan bersama - sama.. Ini acara yang paling ditunggu - tunggu ... Hehehe


Tapi di acara makan ini ada yang sedikit berbeda... makan dilakukan dengan prasmanan... Ah, kurang yahud nih... Kalau ingin nambah, nasi, sayur, sambal, lalapan malu untuk ngambil lagi... Kata saya mah mendingan makan secara lesehan saja.... 

Baca juga :  
Pembangunan ( Pengecoran ) Mesjid Assyafa’ah, Pagaden Barat, Subang 
Pengecoran kanopi Mesjid Assyafa’ah, Pagaden Barat, Subang.


Semoga tradisi Gotong Royong di Dusun Gardu ini bisa di lestarikan ..


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments