--> Skip to main content

Cara sederhana untuk melihat telur ayam akan menetas atau tidak

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara sederhana untuk melihat telur ayam akan menetas atau tidak

Untuk melihat kemungkinan telur akan menetas atau tidak yaitu terletak pada perkembangan embrio ayam didalam telur, hal ini tidak bisa dilihat, dengan mata telanjang, melainkan dengan alat yang biasa disebut "candler" dan prosesnya dinamakan "candling". Biasanya candling dilakukan pada hari ke 7 dan hari ke 18 dalam inkubator (mesin tetas) dengan tujuan hari ke 7 yaitu menseleksi telur yang infertil (tidak ada embrio) dan hari ke 12 yaitu menyeleksi embrio yang mati.

Cara sederhana untuk melihat telur ayam akan menetas atau tidak
Cara sederhana untuk melihat telur ayam akan menetas atau tidak.

Baca juga Cara agar induk ayam betina bertelur kembali.

Tapi cara sederhana pun bisa untuk melihat telur ayam akan menetas atau tidak. Nah, berikut cara sederhana untuk melihat kemungkinan telur akan menetas atau tidak, caranya yaitu :
i. Sediakan lampu yang cukup terang yang dimasukkan ke dalam corong/pipa/gulungan karton atau apa saja, asal bisa dibentuk semacam teropong.

ii. Terawang telur yang sudah dierami minimal 5 hari pada teropong tersebut, saat meneropong usahakan ruangan gelap gulita, hanya lampu teropong saja yang menyala agar jelas terlihat. 

iii. Telur yang ada embrio dan akan menetas akan terlihat ada bintik hitam, seiring waktu pengeraman akan makin besar bintik hitam tersebut, kemudian terlihat merah seperti akar yang tumbuh, lama kelamaan makin besar hingga akhirnya hitam semua tidak terlihat karena anak ayam sudah berkembang. 

Nah, telur yang tidak menetas dari awal akan terlihat bening meski sudah dierami beberapa hari, sebaiknya telur tersebut segera ambil karena sia-sia saja gak bakalan menetas... khan lumayan tuh di goreng hihihih. 

Baca juga :
Ayam bertelur di taman depan rumah 
Anak saya dan Ayam kampung  
Proses menetasnya telur ayam dengan indukan  

Proses pengeraman telur secara normal
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments