logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Di Sendang Beji Wanita Mandi Akan Tampak Cantik.

Di Sendang Beji Wanita Mandi Niscaya Akan Tampak Cantik.

Berbicara masalah hal-hal yang berbau mistik yang ada di Indonesia tentunya banyak sekali ragamnya. Bukan saja hanya dimiliki dari pedesaan namun juga di kota-kota besar. Entah itu mulai dari hal-hal yang masuk akal atau hanya sekedar dongeng atau juga mitos.

Tak bisa dipungkiri, walaupun zaman sudah serba canggih di era modern seperti sekarang ini. Namun nyatanya masih banyak kalangan masyarakat yang mempercayainya. Mungkin hal tersebut dikarenakan, cerita yang sudah terlanjur berkembang dan beredar dikalangan masyarakat sudah terjadi turun temurun sejak dahulu kala. Dan tentunya, setiap daerah atau desa mempunyai rangkaian peristiwa mistik atau mitos tersendiri.

FOTO 1. Tempat mata air yang ditutup gong emas (tampak luar)
FOTO 1. Tempat mata air yang ditutup gong emas (tampak luar). Foto by Kangjum

Salah satu mitos yang mungkin belum banyak ketahui orang adalah tempat pemandian umum atau sendang yang ada di beji yang tepatnya di
Sendang Beji, Desa/Kelurahan Beji, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Jangankan mengetahui, mendengarnya saja masih terasa asing dan belum tahu keberadaannya. Mungkin karena tempatnya yang memang jauh dari keramaian kota.

FOTO 2. Tempat mata air yang ditutup gong emas (tampak dalam)
FOTO 2. Tempat mata air yang ditutup gong emas (tampak dalam). Foto by Kangjum


Konon, cerita dari para sesepuh terdahulu, bahwa, dulunya ada mata air ? yang mana, bila mata air tersebut tidak di tutup gong emas oleh Kanjeng Sunan Kalijaga, desa Beji sudah menjadi danau. Terlepas benar atau tidaknya, saya juga kurang paham. Tapi sebelum menulis artikel ini, saya juga menyempatkan bertanya lagi kepada orang tua terdahulu untuk memperkuat isi artikel. Walaupun dalam kenyataannya, pertanyaan yang saya ajukan ada sedikit perbedaan dalam ceritanya, namun inti dari cerita yang dimaksud tetap sama yaitu mata air yang ditutup gong emas oleh Kanjeng Sunan Kalijaga.

FOTO 3. Tempat pemandian tampak dari luar dan di foto dari arah utara
FOTO 3. Tempat pemandian tampak dari luar dan di foto dari arah utara.
Foto by Kangjum

Tempat pemandian umum ini bukan saja hanya sekedar mitos bagi saya dan diantara beberapa  teman tapi juga mengandung aura mistik. Hal tersebut sebenarnya sudah lama terjadi yakni saat kami mengambil gambar atau foto dekat salah satu pohon. Dan ada keanehan yang terjadi pada foto tersebut yakni ada bayangan wanita dengan kain warna putih dan gambar kami berenam tak terlihat, yang terlihat hanya pohonnya saja.



FOTO 4. Tempat pemandian tampak dari dalam dan di foto dari arah timur
FOTO 4. Tempat pemandian tampak dari dalam dan di foto dari arah timur. Foto by Kangjum

Terlepas dari cerita mistik tersebut, ada  mitos yang mengatakan, bahwasanya, jika ada wanita yang mandi ditempat pemandian tersebut auranya akan keluar dan tampak terlihat cantik. Banyak yang mengkaitkan itu karena magic dari mata air pemandian yang tak pernah surut.




Penulis     : Kangjum  
Alamat     : Jl. Beji Andong Boyolali  
Blog         : cah-beji.com  
Facebook  : cah-beji,com  
Google+   : nandira aluna kusuma

********* 
"Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik. Kirimkan tulisan anda ke e-mail (blogmangyono@gmail.com)." 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Kalau sama ginian mah kang, sayahmah percaya ga percaya haha.. Tempatnya sih keliatan sedikit angker gitu yah kang.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger