--> Skip to main content

Ibu Hamil Dilarang Makan Jantung Pisang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Ibu Hamil Dilarang Makan Jantung Pisang 

Di zaman yang serba canggih dan modern sekarang ini, di daerah tertentu masih banyak yang nilai budaya melekat erat di kehidupan bermasyarakatnya. Sebenarnya saat ini merupakan nilai plus tersendiri bila budaya leluruh masih tertaman kuat oleh para generasi penerus-penerusnya. Akan tetapi, budaya yang bernilai baiklah yang pantas untuk dilestarikan dan dipertahan tetap ada. Sebaliknya .... Nilai budaya yang kurang baik diganti dengan yang lebih bernilai positif saja.

Ibu Hamil Dilarang Makan Jantung Pisang
 Ibu Hamil Dilarang Makan Jantung Pisang 

Beberapa waktu lalu, seorang temen sharing kepada saya tentang pantangannya terhadap makanan untuk istrinya yang hamil dan ngidam makanan itu. Bahkan, istri temen saya itu sempet mengeluh gara-gara banyak sekali makanan yang dilarang, mau ini gag boleh, mau itu gag boleh, akhirnya dia terpaksa ngumpet gara-gara dah kebelet pengen makanan itu.... Hehehhe.

Seperti pantangan saat hamil dilarang makan jantung pisang, karena akan menyebabkan anaknya semakin tumbuh besar tubuhnya makin mengecil. Hal ini diibaratkan seperti jantung pisang yang gemuk dan lama-kelamaan ketika berubah menjadi pisang bentuknya menjadi kecil.

"Kan jantung pisang itu waktu pertama kecil.. Terus lama kelamaan membesar gitu.. Nah, setelah keluar pisangnya lama - kelamaan jantung pisang yang besar itu jadi mengecil.... mengecil..... dan .... mengecil.. Katanya nanti si dede bayinya jadi gitu,, besar terus jadi kecil.. Amit - amit ya .. Jangan sampai.."
 
Mudah - mudahan itu cuma mitos saja..... Besar kecilnya seorang anak bukan gara-gara makan jantung pisang tapi banyak faktor. Salah satunya asupan nutrisi. Asupan yang kurang dapat menyebabkan gizi buruk, sedangkan asupan yang berlebih dapat menyebabkan gizi lebih. Selain itu penyakit infeksi seperti diare dan ISPA dapat menurunkan berat badan bayi dan balita.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments