--> Skip to main content

Membasmi hama lembing batu

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Membasmi hama lembing batu (pengisap batang padi)

Hama lembing batu (pengisap batang padi), menjadi ancaman serius bagi petani di wilayah Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Khususnya di pesawahan Cibandung dusun Gardu di area sawah admin.

Serangan hama tersebut, terjadi pada tanaman padi menjelang berbunga. Hama lembing batu berkembang dengan cepat sejak tanaman berumur 40 HST dan perkembangannya terhambat bila sawah dalam keadaan tergenang air. 

Membasmi hama lembing batu (pengisap batang padi)
Membasmi hama lembing batu (pengisap batang padi)

Jika serangan hama lembing batu itu menyerang tanaman padi. Tanaman padi yang terserang hama itu, akan mengering, lalu mati. Baca Hama Lembing Batu Serang Tanaman Padi di Cibandung, Pagaden Barat

FOTO : Lembing batu (pengisap batang padi) pada tanaman padi admin
 FOTO : Lembing batu (pengisap batang padi) pada tanaman padi admin

Nah, untuk penanggulangan hama lembing batu agar tidak meluas atau untuk membasminya, saya hari minggu dan senin Tgl 29 - 30 November 2015, melakukan penyemprotan  insektisida dan menggenangi tanaman padi dengan air setinggi 10 - 15 cm agar hama lembing batu tidak berpindah dan masuk ke rumpun tanaman padi saat dilakukan penyemprotan insektisida

FOTO : Lembing batu sudah dilakukan penyemprotan insektisida dan penggenangan air pada tanaman padi, terlihat hama lembing batu terapung di air.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments