--> Skip to main content

Tugu Khatulistiwa di jalur pipa Gas Muara Badak - Bontang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -Tugu Khatulistiwa di jalur pipa Gas Vico Muara Badak - Bontang.

Hari selasa kemarin saya melakukan perjalanan dari Muara badak menuju kota Bontang, tapi lewat jalur lain... Nah, pulangnya mencoba lewat jalur pipa... Walau jalanan berbatu, turunan terjal dan tanjakan yang aduhai, tapi bisa dilalui dengan indah... Hehehe.. Tak berapa lama, terlihat tugu khatulistiwa Dari arah bontang terletak sebelah kanan. Walau tak menyempatkan waktu untuk singgah di Tugu Khatulistiwa tapi berhasil mengabadikan monumen khatulistiwa dalam jepretan...  

Tugu Khatulistiwa di jalur pipa Gas Muara Badak - Bontang
 Tugu Khatulistiwa di jalur pipa Gas Muara Badak - Bontang


Nah, gris khatulistiwa yaitu sebuah garis imajinasi yang digambar di tengah-tengah planet di antara dua kutub dan paralel terhadap poros rotasi planet. Garis khatulistiwa ini membagi Bumi menjadi dua bagian belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. 

Jalur Khatulistiwa
 Jalur Khatulistiwa

Garis lintang ekuator adalah 0°. Di dunia, garis khatulistiwa Garis khatulistiwa melintasi daratan atau wilayah perairan 14 negara dimana salah satunya adalah Indonesia. Ada beberapa tempat di Indonesia yang membuat monumen khatulistiwa sebagai tanda bahwa daerah tersebut dilintasi garis ekuator salah satunya di jalur pipa gas Vico ini.

Di Indonesia yang dilalui jalur khatulistiwa meliputi ... Kepulauan Batu, Sumatra, Kepulauan Lingga, Kalimantan, Sulawesi, Kayoa, Kepulauan Halmahera.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments