--> Skip to main content

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium

Tanaman hias memiliki fungsi dan tujuan untuk menambah keindahan dan kenyamanan taman di rumah. Sesuai yang admin ketahui banyak sekali jenis tanaman hias yang dapat pilih sebagai penghias di taman rumah idaman. Tanaman hias dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu tanaman hias daun dan tanaman hias bunga.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium
 Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium

Tapi kadang juga membuat sebagian orang bingung memilih jenis tanaman hias yang akan ditanam di dalam rumah atau diluar rumah. Ditambah lagi, karena pengetahuan tentang jenis tanaman hias yang minim sehingga membuat seseorang asal-asalan... Asal nanam... asal hidup.... dalam menanam tanaman hias..... Hehehe.

Nah, untuk memudahkan  dalam memilih, menanam dan merawat jenis tanaman hias daun bagi pembaca blog ini jangan bingung, karena saya akan menulis cara menanam dan merawat tanaman hias Gelombang Cinta / Anthurium.  Silahkan baca sampai selesai. 

Gelombang Cinta (Anthurium) yaitu tanaman hias yang mempunyai keindahan pada bagian daunnya.... Meskipun memiliki bunga atau tongkol tapi gak semenarik daunnya. Daun tanaman ini berwarna hijau segar, berukuran besar memanjang, dan bergelombang - gelombang... Makin bergelombang makin bagus bentuknya. Gak usah bibit yang gede... yang kecil juga gak apa - apa... Nah bagi yang penasaran dan pengen beli bibitnya silahkan pesan ke  Jual bibit bunga tanaman hias daun. Disini sobat bisa membeli bermacam - macam tanaman hias daun.  
 
Bunga gelombang cinta masih kecil dan menggunakan pot kecil
Bunga gelombang cinta masih kecil dan menggunakan pot kecil


Anthurium bisa ditanam langsung di tanah maupun menggunakan media pot. Berikut ini cara menanam bunga Gelombang Cinta / Anthurium. 

i. Apabila bibit tanaman bunga ngelombang cinta sudah punya... Langkah pertama ... Sediakan pot dan media tanam untuk menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium.


ii. Siapkan pecahan genteng sebagai alas media tanam dalam pot, ini berpungsi untuk menyaring media tanam agar tidak hanyut pada saat penyiraman.

iii. Pecahan genteng atau potongan gabus dimasukkan kedalam dasar pot. Lalu diisi media tanam hingga setengah dari tinggi pot.


iv. Masukan Bunga Gelombang Cinta / Anthurium yang siap ditanam, lalu ditambahkan media tanam 3 - 5 cm dari permukaan bibir pot.
 

v. Selanjutnya tanaman diletakkan ditempat yang terlindungi dari sinar matahari. Lalu siram hingga basah. Media tanam yang baik bakal langsung mengalirkan air siraman yang berlebih melalui lubang drainase di dasar pot.

Itu diatas cara menanam tanaman Gelombang Cinta / Anthurium... Terus bagaimana cara merawat tanaman anthurium?. Gak perlu bingung baca terus aja Tips dan cara merawat Gelombang Cinta / Anthurium dibawah ini :
i. Meletakan
Bunga Gelombang Cinta / Anthurium di tempat yang teduh.


Tanaman gelombang cinta diletakan ditempat teduh.. Tidak terkena sinar matahari langsung.
Sebaiknya tanaman gelombang cinta diletakan ditempat teduh.. Tidak terkena sinar matahari langsung.

ii. Teriknya guyuran matahari yang panas akan membakar daun-daun anthurium dan akhirnya daun dari Bunga Gelombang Cinta / Anthurium warnanya menjadi kekuning-kuningan dan berguguran. Nah, sebaiknya tanaman ini diletakan di tempat yang teduh dan tak terkena sinar matahari seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan teras. Jika ingin menanam anthurium di pekarangan, usahakan posisinya terletak di bawah pohon yang dapat menaungi bunga Gelombang Cinta / Anthurium. Tetapi pastikan tanaman mendapat sinar Matahari Pagi minimal seminggu sekali dengan waktu 10 - 50 menit... Sinar matahari pagi sangat bagus untuk menjaga pertumbuhan daun anthurium agar tetap berwarna hijau segar dan berbentuk sempurna dan menawan.

iii. Anthurium itu menyukai media tanam yang lembab.... Namun, tidak basah dan tidak tergenangi air.

iv. Untuk anthurium yang diletakkan di teras rumah, sebaiknya memutar posisi pot. Tujuannya agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan tegak bukan miring mengikuti arah datangnya sinar matahari.

v. Pemberian pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman gelombang cinta, biasanya menggunakan pupuk NPK yang dicampur dengan air, dengan dosis 2 gram/liter air. Setelah pupuk NPK larut dalam air selanjutnya menyiramkan  ke media tanaman. Tapi ingat... Larutan dari NPK jangan sampai mengenai daun anthurium, karena bisa mengakibatkan kebusukan daun.

vi. Penyiraman
bunga Gelombang Cinta / Anthurium minimal  2 hari sekali. 

vii. Daun yang sudah tua atau rusak karena hama dan penyakit, dipotong.... Terus dibuang jauh - jauh.
 

viii. Untuk pembersihan daun agar terlihat bersih dan mengkilap,  yaitu dengan menggunakan susu cair/susu bubuk. Disamping mengkilapkan daun, tujuannya untuk memberikan nutrisi atau vitamin daun bunga Gelombang Cinta / Anthurium juga .  

Pembersihan daun dan pemberian susu agar daun terlihat mengkilap.
Pembersihan daun dan pemberian susu agar daun terlihat mengkilap. Disamping mengkilapkan daun, tujuannya untuk memberikan nutrisi atau vitamin daun bunga Gelombang Cinta / Anthurium juga .  

  
Pesan segera mumpung belum kehabisan... Pesan di Jual bibit bunga tanaman hias daun. Disini sobat bisa membeli bermacam - macam tanaman hias daun. 

Bibit Bunga
Alamat kantor pusat:
Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makasar. Kode pos 90135 
Sulawesi Selatan 

Baca juga : 
Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas 
Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah. 
Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor dan cara merawatnya 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments