--> Skip to main content

Cara menanam Lengkuas di Pekarangan Rumah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Cara menanam Lengkuas di Pekarangan Rumah

Lengkuas merah atau putih tidak membutuhkan pemeliharaan khusus. Tanaman ini menyukai tanah yang gembur dan sinar matahari secara penuh. Untuk pemupukan cukup dilakukan satu kali dalam penanaman, yaitu dengan pupuk kandang. Penyiraman cukup dilakukan sekali sehari atau 3 hari sekali.

Perbanyakan lengkuas biasanya diperbanyak dengan cara vegetatif yaitu dengan pemisahan anakan atau rimpang lengkuas.

Rimpang lengkuas berserat cukup kuat dengan kulit mengkilap, beraroma khas, dan terasa pedas atau getir jika sudah tua dan tidak enak untuk dimakan.

Cara menanam Lengkuas di Pekarangan Rumah.
Cara menanam Lengkuas di Pekarangan Rumah. Foto tanaman lengkuas atau Laos di kebun belakang rumah admin.
 
Namun, rimpang lengkuas menyimpan sejumlah senyawa penting, seperti atsiri, kadien, resin, dan amilum. Selain untuk bumbu, rimpang tanaman bernama latin Alpinia galanga  ini kerap dimanfaatkan untuk pengobatan, seperti mencegah tumor, meredakan radang, diare, bronkitis, hapur, hingga menambah nafsu makan.

Baca juga : Manfaat Laja, Lengkuas, laos ( Alpinia galanga )


Jenis yang saya tanam dipekarangan rumah adalah lengkuas putih. Di pasaran jenis lengkuas putih lebih besar ketimbang lengkuas merah.

"Lengkuas putih bisa dijadikan bumbu dan obat, sementara lengkuas merah terbatas dijadikan bumbu saja.
Budidaya tanaman lengkuas terbilang mudah. Maklum, tanaman yang satu ini bisa tumbuh di mana saja, baik daerah dataran tinggi mapun dataran rendah. Nah, disini saya akan menuliskan cara menanam lengkuas di pekarangan rumah. Bagi sobat Blog Mang Yono yang tertarik mencobanya, silahkan ikuti langkah – langkahnya.
i. Siapkan rimpang Lengkuas, potong minimal 1 mata tunas dalam satu potongan.

Rimpang Lengkuas untuk ditanam
 Rimpang Lengkuas untuk ditanam
 
ii. Sebelum bibit di tanam, tanah harus digemburkan dan diberi pupuk kandang dan kompos. Tapi bagi tanah yang sudah subur tidak usah menambahkan pupuk kandang dan kompos lagi..

iii. Buat lubang tanah sedalam 5 – 10 Cm dengan lebar 10 Cm

iv. Letakan rimpang lengkuas pada lubang tanam yang sudah dibuat tadi

 Meletakan rimpang pada lubang tanam.

v. Timbun rimpang yang sudah diletakan pada lubang tanam dengan tanah galian tadi

 Menimbun rimpang pada lubang tanam
 Menimbun rimpang pada lubang tanam

Biasanya, mata rimpang akan tumbuh 1 - 2 cm dalam 3 - 4 minggu.

Untuk perawatan tanaman lengkuas sangat mudah. Bahkan, tidak membutuhkan biaya sama sekali dalam perawatan. Pasalnya, lengkuas tergolong tanaman yang kuat. "Di tanah yang keras pun, lengkuas bisa tumbuh subur,".

Lengkuas sudah bisa dipanen dalam 2,5 bulan hingga 3 bulan. Jika terlalu tua, rimpang akan mengandung serat kasar yang tidak disukai pembeli. Tapi kalau tanaman ini buat kebutuhan kita, ya gak usah dipanen... Sewaktu kita butuh untuk bumbu dapur kita tinggal gali aja sedikit rimpangnya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments