--> Skip to main content

Manfaat dari Getah Jarak dan cara pengobatannya.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Manfaat dari Getah Jarak dan cara pengobatannya.

Pohon jarak saya tanam di belakang rumah, karena pohon ini merupakan salah satu jenis pohon yang masuk ke dalam kategori apotek hidup.... Makanya saya tanam ... Hehhe. 

Karena pohon jarak bisa digunakan sebagai salah satu alternative dalam melakukan pengobatan – pengobatan secara herbal dan tradisional. Bisanya nenek saya mengobati saya dengan menggunakan pohon, daun dan terutama getah jarak.....

Manfaat dari Getah Jarak dan cara pengobatannya.
Manfaat dari Getah Jarak dan cara pengobatannya.


Disini saya tulis manfaat gerah jaraknya. Manfaat getah jarak yang paling terkenal adalah untuk pengobatan sakit gigi. Untuk mendapatkan getah jarak hanya dengan memotong bagian daun atau batang dari tanaman jarak, maka getahnya akan muncul dengan sendirinya.

Tanaman jarak sendiri memiliki nama ilmiah, yaitu Jatropa curcas. Nama ini sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu jatros dan trophe.
 
Terus apa saja manfaat dari getah tanaman jarak itu Mang ?. Oke dibawah ini akan saya tulis sesuai pengalaman saya yah...
 
i. Untuk menyembuhkan luka

Getah dari tanaman jarak bisa dimanfaatkan sebagai obat luka yang dapat menyembuhkan luka. Ketika mengalami luka, baik itu karena terjatuh ataupun tersayat, dapat memanfaatkan getah tanaman jarak untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena getah dari tanaman jarak memiliki sifat alami yang dapat mempercepat pembekuan darah dan menghentikan pendarahan, sehingga luka akan menjadi lebih cepat kering dan juga lebih cepat sembuh. 

Nah, berikut ini langkah – langkah pengobatan luka menggunakan getah jarak :
  • Pertama bersihkan terlebih dahulu area luka dengan air yang mengalir... 
  • Pancuran... atau diguyur...Teteskan bagian tubuh yang terluka dengan getah jarak, atau bisa dengan menggunakan kapas yang sudah ditetesi oleh getah jarak 
ii. Untuk Mengobati sakit gigi

Bagi anda yang mengalami sakit gigi, anda juga dapat memanfaatkan getah tanaman jarak untuk meredakan sakit gigi yang anda alami. Meskipun memang tetap harus diperiksakan ke dokter gigi, namun tidak ada salahnya melakukan pertolongan pertama di rumah. 
Nah, berikut ini cara mengobati sakit gigi dengan getah jarak untuk :
  • Patahkan bagian tangkai daun atau batang dari tanaman jarak hingga muncul getahnya 
  • Terus teteskan getah tanaman jarak pada bagian gigi yang sakit atau bagian gigi yang berlubang atau bisa meneteskan getah jarak pada kapas, lalu kompres gigi anda dengan menggunakan kapas yang sudah diberikan getah tanaman jarak

iii. Mengobati hidung meler pada anak

Manfaat getah jarak yang lainnya adalah untuk mengobati hidung meler pada anak yang disebabkan flu. Nah anda dapat mengobati anak anda apabila hidungnya meler dengan menggunakan getah dari tanaman jarak. Bagaimana caranya? Berikut ini langkah – langkahnya :
  • Ambil getah tanaman jarak
  • Teteskan atau oleskan pada kepala bagian depan si anak     
  • Lakukan proses ini tiap hari, dan lakukan secara rutin hingga sembuh

Nah, itulah beberapa manfaat getah jarak. Semoga artikel ini bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments