logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Oleh - oleh khas Kalimantan di Pasar Kebun Sayur

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Oleh - oleh khas Kalimantan Timur di Pasar Kebun Sayur.

Awal saya berkunjung ke Pasar Inpres Kebun Sayur untuk mencari pakaian kerja dan sepatu sapety... Lokasinya nggak jauh dari Pasar Inpres Kebun Sayur, tepatnya dibelakang pasar inpres Kebon Sayur yaitu Pasar Tradisional Pandansari.

Nah, masih diseputar Pasar Inpres Kebun Sayur, sebelum kemari saya dan teman - teman melewati Hotel Blue Sky dan BII, MayBank disebelah kiri. Masuk ke kiri, nah tepat diseberang adalah sisi lain Pasar Inpres Kebun Sayur. Ternyata disini banyak menjual barang-barang safety dengan harga miring.

Oleh - oleh khas Kalimantan di Pasar Kebun Sayur. Fotonya sedikit buram, karena cuaca turun hujan rintik - rintik
Oleh - oleh khas Kalimantan di Pasar Kebun Sayur. Fotonya sedikit buram, karena cuaca turun hujan rintik - rintik


Mulai dari sepatu safety dan macam lagi bentuknya. Padahal mungkin, sepatu safety bisa mencapai harga jutaan rupiah, disini meskipun KW dengan harga terjangkau sudah mampu menambah style sahabat setingkat keatas.... Eh, ternyata di pasar ini sepatu safety ada yang asli dari luar negeri juga loh... 

Singkat cerita... Pekerjaan diproyek Vico Indonesia pun sudah selesai... saking penasarannya saya dan teman – teman balik lagi ke pasar Inpres Kebun Sayur untuk membeli oleh – oleh khas Kalimantan... Hehehe. Pasar Inpres Kebun Sayur terletak di Jalan Raya Letjend. Soeprapto, dekat daerah Kampung Baru. Meski namanya terdengar seperti tempat yang menjual beraneka macam sayuran, tapi di sini kita akan menjumpai berbagai barang yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kalimantan. Pasar yang berada berseberangan dengan Giant Supermarket ini dilewati oleh tiga nomor taksi (sebutan untuk angkot di Balikpapan), yaitu: nomor 01 (Putih-Orange) dari Terminal Batu Ampar, nomor 05 (Putih-Kuning) dan nomor 06 (Putih-Biru Tua), keduanya dari Terminal Damai. Tarif rata-rata untuk taksi di Balikpapan adalah dibawah 5.000 ..... Hehehe

Petunjuk nama Pasar Inpres Kebun Sayur terlihat jelas di pinggir jalan raya, Balikpapan

Apa saja oleh-oleh khas Kalimantan yang bisa ditemui di pasar Kebun Sayur ini ? Bagaimana dengan harga, apakah mahal? Jawabannya: Oleh-oleh khas Kalimantan yang ada di Kebun Sayur sangat beragam dengan kisaran harga yang relatif terjangkau, mulai dari Rp 5.000 sampai dengan di atas Rp 200.000. Dengan harga lima ribu rupiah, kita bisa membawa pulang oleh-oleh khas Kalimantan berupa gantungan kunci berbentuk kuku macan (simbol khas Kalimantan), juga gelang sederhana dari batu permata sintetis. Hasil olahan dari batu permata memang merupakan barang andalan dari Kalimantan, sesuai dengan sumber daya alam dari pulau ini. Selain gelang ada juga kalung, bros, cincin, dan juga anting dari bahan dasar batu permata sintetis atau yang sudah melalui beberapa proses. Jika ingin mencari batu permata murni juga ada, tapi tentunya dengan harga yang jauh lebih mahal, sampai ratusan ribu rupiah.

Oleh - oleh khas Kalimantan di Pasar Kebun Sayur
 Oleh - oleh khas Kalimantan di Pasar Kebun Sayur

Masih banyak juga oleh-oleh khas Kalimantan selain perhiasan, sebut saja Mandau – senjata tradisional suku Dayak, tas anyaman, sarung songket khas Kalimantan, penutup kepala khas Kalimantan, dompet, atau kain batik.... Ada juga sarung Samarinda.

Semua barang tersebut ditawarkan dengan harga yang bervariasi dan kita bisa berbelanja oleh-oleh khas Kalimantan menyesuaikan dengan budget kita. Plus, harga barang-barang tersebut juga bisa ditawar, meski tidak sampai terlalu banyak selisihnya. Prinsipnya, semakin banyak jumlah barang yang dibeli, semakin besar kesempatan kita untuk menawar dan mendapatkan harga yang semakin rendah. Misalnya, saya membeli baju anak yang awalnya dijual Rp 30.000, setelah menawar saya membeli empat setel dengan total harga Rp 90.000. Sarung Samarinda yang awalnya dijual Rp 70.000, setelah menawar saya membeli empat sarung dengan total harga Rp 200.000. Yang menawar bukan saya, tapi orang Balikpapan, Kalimantan... Hehehe.

Ketika tertarik dengan salah satu jenis oleh-oleh khas Kalimantan, sebaiknya jangan langsung membeli barang tersebut. Sempatkan diri untuk berkeliling dan membandingkan harga serta pilihan motif barang, karena banyak toko yang menawarkan jenis barang yang sama. Rata-rata pedagang oleh-oleh khas Kalimantan di Kebun Sayur ini sangat ramah dan mau diajak ngobrol, meski akhirnya kita hanya melihat-lihat dan tidak jadi membeli barang dagangan mereka.

Jadi jika sedang berada di Balikpapan, jangan lupa untuk mampir dan membeli oleh-oleh khas Kalimantan di Pasar Inpres Kebun Sayur. Tempatnya mudah dijangkau, bersih, pedagangnya ramah, dan pilihan barangnya banyak dengan harga yang terjangkau.

Beruntunglah Pasar Inpres Kebun Sayur sampai sekarang belum jadi mal. Keuntungan dari belum jadi mal ini, bisa di manfaatkan untuk menawar sebebas-bebasnya.
.
Sementara disisi kiri pasar yang menjual alat-alat safety sampai fashion KW super, sebelah kanannya adalah sisi kios-kios yang menjual beragam jajanan khas Kalimantan, mulai dari amplang, chimi-chimi, abon kepiting, dan banyak lagi. Duh... lapar. Kami tidak sempat membeli dan mencicipi jajanan khas Kalimantan, karena di kantor sudah disiapkan dan saya dan teman – teman harus segera ke bandara untuk pulang ke Jakarta..... Selamat tinggal Kalimantan Timur.
Catatan admin : Kalau ingin berbelanja atau membeli oleh – oleh di daerah lain kita sebaiknya mengajak teman yang asli daerah itu / pribumi. Keuntungannya bisa terbebas dari preman, dan berbelanja pun bisa di hemat karena teman kita itu bisa membantu untuk menawar harga barang yang kita inginkan sampai harga terendah, begitu juga kalau kita ingin mencicipi kuliner, kita bisa tanya – tanya dulu bahannya dari apa, rasanya gimana.... Betul ... Tidak?.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger