logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Bekerja Sama dalam Tim di Proyek Vico Indonesia

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Tips Bekerja Sama dalam Tim di Proyek Vico Indonesia, Muara Badak, Kalimantan Timur.

Buat Agan dan sista yang baca tulisan ini, pasti pernah kerja dalam tim kan?. Ya, entah itu kerja kelompok jaman masih sekolah dulu atau kerja bareng rekan kerja di kantor atau pun kerja di proyek. Menurut saya kerja dalam tim itu merupakan hal yang gak mudah, biasanya buat orang-orang yang suka kerja sendirian.... Alias menyendiri ... hehe. 

Disini admin akan menulis sedikit tentang pekerjaan di Proyek Vico Indnesia yang admin kerjakan bersama Tim PT. Torishima Guna Engineering, tepatnya di Satelit 4, Muara Badak, kalimantan Timur. 

Tips Bekerja Sama dalam Tim di Proyek Vico Indonesia
 Tim PT. Torishima Guna Engineering di Proyek Vico Indonesia, 7 Orang. 3 orang dari Jakarta termasuk admin, 1 orang dari Balikpapan, 3 Orang lokal Muara Badak.

Bekerja dalam TIM itu biasanya gampang - gampang susah, karena yang namanya tim itu pasti macem-macem sifat anggota tim, dari ada yang males, yang nyantai atau bahkan gak ada keinginan buat bareng-bareng kerjain pekerjaan. Di lain sisi, untuk orang-orang lain banyak juga yang seneng kerja bareng dalam tim, ini alasannya bisa macem-macem. 

Tim PT. Torishima Guna Engineering di Proyek Vico Indonesia.
 Tim PT. Torishima Guna Engineering di Proyek Vico Indonesia.

Buat saya, kerja sendiri atau kerja dalam tim, apalagi suatu keharusan, saya pasti akan jalankan sebaik-baiknya. Apalagi jika berhubungan dengan pekerjaan, prinsip yang saya pegang itu bahwa kerja kita tidak boleh tergantung oleh orang lain, jadi baik kerja sendiri ataupun kerja dalam tim harus sama baiknya.... Dan terjaga dari marabahaya... Pulang dengan selamat.

Entry Pass Saelit 4
 Entry Pass Saelit 4

Biasanya ketika bekerja sama dalam tim, pastinya masing-masing anggota tim perlu menyesuaikan diri satu sama lain sehingga kekompakan tim bisa tercapai. Syarat dari keberhasilan suatu tim itu sudah pasti tim yang kompak. Sebelum membentuk tim yang kompak, gak peduli kita sebagai ketua tim atau anggota tim, kita perlu tahu dulu alasan kenapa kita perlu bekerja sama dalam tim, kenapa sih gak sendiri aja? Soalnya kan gak gampang kerja sama dengan orang lain apalagi jika anggota timnya banyak. 


Persiapan pengangkatan platfom.
Persiapan pengangkatan platfom.

Ketika kita kesulitan sewaktu bekerja sendirian biasanya kita akan minta bantuan ke ketua TIM kita. Tapi kalau kita bekerja dalam tim, demi untuk menyukseskan tim, masing-masing anggota yang mengerti bahwa tim tersebut dibentuk untuk mencapai tujuan bersama, pastinya akan saling bantu anggota tim. Jadi kalau ada kesulitan, jangan segan-segan untuk mendiskusikan terlebih dahulu, bertanya dan meminta bantuan. Nah, di Proyek Vico Indonesia ini, biasanya sebelum bekerja tim tersebut melakukan diskusi atau istilah kerennya disebut
"tailgate meeting". Dengan demikian kekompakan tim bisa tercipta dan pekerjaan bisa di bayangkan serta bahaya bisa di tanggulangi.


Pemotongan besi dengan mesin gerinda
Pemotongan besi dengan mesin gerinda

Di tempat kerja, merupakan hal yang umum bahwa ketika kita mengerjakan pekerjaan kita, kita harus berinteraksi dengan rekan-rekan kerja lain. Apakah itu tim dalam satu departemen yang sama, atau beda departemen. Dalam tim, akan selalu ada ketua tim, apakah ketua/leader ini ditunjuk secara formal atau pun tidak. Yang mana pun peranan kita, apakah itu anggota tim atau pun ketua tim, kita harus bisa melaksanakan dengan baik. Dan sebaliknya jika kita bukan ketua tim, jangan lah kita bertindak seolah-olah kita ketua tim.... Nanti malah ada yang mentung... Hehehe.


Admin numpang nampang hehehe
Admin numpang nampang hehehe

Mana yang enak, jadi ketua tim atau anggota tim ?

Menurut saya sama aja, karena untuk jadi ketua tim tanggung jawabnya tidak mudah. Ketua tidak hanya harus bertanggung jawab untuk memastikan semua bagian-bagian yang dikerjakan anggotanya beres dan lancar, selain itu jika terjadi konflik, ketua yang bertanggung jawab harus membereskan pekerjaan tim. Dan kalau ada hal-hal yang dikerjain anggota dan gak beres-beres, ketua yang harus ikut turun tangan.... Atau anggota ada yang lapar atau kehausan ketua tim harus bisa mencari jalan keluarnya... Hehehe

"Tak kenal maka tak sayang " Ini ibarat pepatah lama yang ga akan pernah basi. Dimanapun kita berada dan bekerja, hubungan kita dengan anggota tim lain sangat penting atau hubungan kita dengan pemberi pekerjaan. Untuk mencapai kekompakan tim kita harus saling kenal dengan satu sama lain dengan baik. Diawali dengan kenalan biasa untuk kemudian sebisa mungkin supaya pekerjaan tersebut tidak terasa sulit atau membebani... Atau di waktu senggang kita bisa ngobrol santai sambil menyelipkan pekerjaan di antara obrolan... hehe

Berkomunikasi dengan terbuka, jujur dan saling respek .... Artinya jika ada yang ingin disampaikan hendaknya disampaikan secara terbuka, jujur, jangan lupa saling menghargai satu sama lain alias tidak kasar....  Komunikasi yang baik tentu saja komunikasi dengan berhadapan langsung, tetapi jika secara kondisi tidak memungkinkan misalnya lokasi berjauhan hendaknya kita sampaikan lewat telepon dahulu, baru kemudian diingatkan dalam bentuk tertulis (email). Dengan begini, adanya kesalahan dalam pekerjaan dapat dikurangi.
 
Ketua/leader tim yang tugasnya sebagai penanggung jawab tim itu penting. Hendaknya ketua/leader di dukung oleh seluruh anggota tim. Dalam konteks pekerjaan, biasanya ketua/leader adalah pihak yang bertanggung jawab untuk menyampaikan ke pada pemberi pekerjaan, seperti ketua tim saya dari PT. Torishima Guna Engineering yaitu pak Hari Paryono ini untuk memudahkan pembicaraan pekerjaan antara PT. Torishima ( Kontraktor ) dengan Pak Hani atau pak Puji Setyo dari PT. Vico Indonesia atau pemberi pekerjaan. 

Tapi.... Jangan lupa masing-masing anggota tim juga memiliki peranan masing-masing. Misalnya dalam kepanitiaan acara, berarti akan ada anggota tim yang bertanggung jawab. Untuk bagian-bagian harus ditunjuk masing-masing bagian sehingga pekerjaan berjalan lancar dan berjalan dengan baik.

Ketika bekerja dalam tim, kita juga harus pinter-pinter buat ngambil inisiatif sesuai peran dan tanggung jawab kita. Kita harus proaktif. Kadang ada orang yang malu ngomong usul karena takut dibilang usulnya bodoh. Yang penting kita gak boleh takut ngasih usul atau gengsi buat diskusi ke sesama anggota tim. Tim yang bagus adalah tim yang menampung semua usul anggotanya, usul yang mungkin terdengar gak biasa bisa jadi penyelamat tim. Kalau ada yang enggak beres, ya diomongin aja. Kontribusi kita dalam tim sangat berharga dan jadi penentu keberhasilan tim kita nantinya.

Nah, ini yang terakhir, gak usah kebanyakan mikir sewaktu kita bekerja dalam tim. Apakah kita sebagai ketua/leader ataupun kita sebagai anggota tim. Yang penting kita punya niatan baik terhadap sesama, mau untuk saling membantu dan fokus untuk mencapai tujuan bersama merupakan modal utama dari kerja sama tim yang efektif..... Terimakasih kepada pak Hani, pak Puji, Pak Alpin dari
PT. Vico Indonesia.

Selamat bekerja.... Hentikan pekerjaan bila tidak selamat..... Bekerja dengan Aman, Pulang dengan Selamat.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Bekerja dengan Tim adalah hal yang harus diperhatikan bersama demi mencapai target dan kemajuan bersama. Friksi bisa saja terjadi. Perbedaan cara pandang adalah hal yang biasa dan umum terjadi

Balas

Sorry ye bapaknibu mas om Tante semuanya.

Saya pertamax.

Iyesssdd

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger