logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Berapa umur benih padi siap ditanam ?.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Berapa umur benih padi siap ditanam ?.

Setelah melalui hasil diskusi panjang dengan Penyuluh Pertanian dan rekan-rekan di petani, terbersit untuk menyampaikan beberapa tips dan trik Budidaya Padi.

Umur Bibit yang paling baik adalah antara 20 s.d. 25 hari. Memindahkan atau mencabut tanam harus hati-hati karena batang masih lemah dan akar mudah putus dan ditanam tidak dalam. Dalam praktiknya selama ini, Umur bibit kurang dari 25 harian lebih banyak dimakan keoang mas.

Berapa umur benih padi siap ditanam ?. Foto jepretan admin di sawah Bakan Bandung, Pagaden Barat, Subang.

Menanam padi  orang Sunda menyebutnya dengan kata “tandur” adalah langkah ketiga dalam bertani. Setelah sebelumnya dua langkah telah di lakukan yaitu; tebar benih dan olah lahan untuk penanaman padi.

Bila benih padi di persemaian telah berumur sekitar 20 -25 hari, atau tinggi benih sekitar lebih sejengkal tangan, Maka benih sudah siap di tanam.

Setelah lahan telah diolah dan sudah  siap, maka benih padi siap di pindah tanam ke lahan sawah. Namun sebelumnya kita perlu  mencabutnya dari media persemaian tadi, dan orang Sunda menyebutnya “Babut“. Memanglah kegiatan di sawah masih banyak menggunakan cara tradisional-konvensional. 


Masih banyak dengan menggunakan tangan. Benih di cabut sampai akar-akarnya, perlunya ke-hati-hatian agar benih tidak putus. Agar lebih mudah, maka pada waktu pencabutan, area persemaian baiknya di rendam air dengan ketinggian air sekitar 5 Cm atau setinggi 1/4 batang padi. 

Setelah benih-benih  di cabut, lalu benih diikat, tujuannya agar mudah membawanya.  satu ikatan seukuran satu genggaman tangan besar. Ikatan-ikatan ini nantinya  di taruh/disebar di area lahan yang akan di tanam, untuk mempermudah penanaman.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Jujur Kang Yon saya baru tau sekarang kalau umur yang ideal untuk menanam padi itu sekitar 20-25 hari..Ngopi Jessica yukk Kang.

Balas

punteun ikut lewat sambil belajar tani mang yono, hatur nuhun infonan, salam lami teu berkunjung.

Balas

iya Bang... saya juga taunya dari kelompok tani yang ada di kampung saya ...

Balas

silahkan..... nggak ngopi dulu Kang?... :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger