--> Skip to main content

Berburu jamur merang (Volvariella volvacea) tumbuh di tumpukan jerami

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Berburu jamur merang (Volvariella volvacea) tumbuh di tumpukan jerami.

Apakah anda tau tentang kelezatan Jamur merang (Volvariella volvacea). Mungkin kalau belum mencoba pasti tidak akan tau. Jamur merang (Volvariella volvacea) merupakan jamur yang paling dikenal, terutama untuk masyarakat di tempat saya tinggal, di Pagaden Barat, Subang. Meskipun sekarang sudah agak - agak langka yang tumbuh alami. Tapi sekarang sudah banyak yang membudidayakan sebagai bahan pangan, karena termasuk golongan jamur yang enak rasanya. Cuman bentuk dan ukurannya berbeda antara jamur merang alami dan jamur merang budidaya. Baca Cara membuat pepes jamur jerami / jamur pohon padi

Berburu jamur merang (Volvariella volvacea) tumbuh ditumpukan jerami
Berburu jamur merang (Volvariella volvacea) tumbuh ditumpukan jerami


Baca juga : 
Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat 
Jamur Kumbung di Dusun Kukulu, Desa Balingbing 
Cara mengetahui ciri dari jamur liar yang beracun atau tidak beracun. 
Supa Lember / Jamur kuping termasuk jamur yang tidak beracun


Jamur merang banyak tumbuh disekitar kita terutama yang rumahnya dekat dengan persawahan seperti saya ini. Tapi jangan salah ada banyak jenis jamur. Jadi jangan salah pilih. Jamur merang hanya tumbuh di sekitar merang atau batang padi / jerami, dari namanya saja sudah kelihatan ada kata merang pasti tak jauh - jauh dari batang padi atau jerami.

Cara mencari jamur yang enak ini kita cukup cari tumpukan batang padi/jerami. Biasanya setelah panen tumpukan tumpukan jerami itu banyak sekali di sawah. Nah, cari tumpukan yang kira kira tumpukan jerami itu sudah lama, lebih dari 7 hari. Karena hanya jerami yang sudah lama yang bisa menghasilkan jamur merang. Cari jamur yang masih kuncup atau  yang belum mekar.
 
Bentuk jamur merang  (Volvariella volvacea) yang alami yaitu bentuknya kecil. Jamur merang besarnya rata - rata sejari tangan, berwarna putih kecoklatan. 

Bentuk jamur merang  (Volvariella volvacea) yang alami yaitu bentuknya kecil.
 Bentuk jamur merang  (Volvariella volvacea) yang alami yaitu bentuknya kecil.

Menurut yang saya baca, ternyata Jamur merang ini berguna bagi penderita diabetes dan penyakit kekurangan darah, bahkan dapat mengobati kanker.

Jamur merang kaya akan protein, sebagai makanan anti kolesterol, eritadenin dalam jamur merang dikenal sebagai penawar racun, dan banyak mengandung antibiotik yang berguna untuk pencegahan anemia.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments