logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

IKAN BEROD / SILI sudah mulai langka di Subang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - IKAN BEROD / SILI sudah mulai langka di Subang

Ikan BEROD bentuknya panjang seperti belut dan berduri, anggota dari famili Mastacembelidae itu populer disebut spiny eel alias belut berduri. Sebelumnya saya menulis juga ikan yang mulai langka di Subang. Baca  IKAN KETING sudah mulai langka di Pagaden Barat.

Sili atau di tempat saya di Subang disebut dengan Ikan BEROD. Dulu waktu saya kecil Ikan Berod termasuk ikan sungai yang banyak di Sungai Bendungan Macan. Tapi sekarang mulai langka. Mungkin karena Pencemaran pestisida, herbisida, dan pemakaian pupuk berlebih yang mengalir ke sungai menjadi penyebab terancamnya habitat alami Berod/sili. Belum lagi, limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai, menjadi sumber pencemaran. 

 IKAN BEROD / SILI sudah mulai langka di Subang
Yang tak kalah penting: rusaknya tepian dan dasar sungai akibat aktivitas penambangan pasir dan batu. Di sepanjang Sungai Ciasem, Dusun Gardu atau Sungai Bendungan Macan, Pagaden Barat dulu ada penambangan Pasir yang diambil dari sungai, ini dapat merusak habitat Berod/sili yang menyukai kondisi dasar sungai berlumpur, pasir.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger