logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Sejarah Desa Siluman, Pabuaran, Subang

Sejarah Desa Siluman, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Nama sebuah daerah ataupun Desa/kelurahan pastilah memiliki sejarah yang diceritakan turun temurun oleh para leluhur. Karenanya, tak jarang jika nama-nama daerah ataupun desa misalnya, selalu memiliki arti-arti tersendiri yang mungkin tidak terbayangkan oleh siapapun.

Nah, dibawah ini adalah sejarah nama Desa Siluman, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia dari beberapa sumber yang tau tentang sejarah desa Siluman dari beberapa versi.

Foto dapet nyomot di grup Facebook Subang.


Menurut teman saya yang asli Desa Siluman sejarah dari desa Siluman itu .. 

"Nama Siluman diambil dari nama sebuah kali kecil CISILUMAN yang sekarang termasuk kewilayah Desa Kedawung.... Konon pada jaman penjajahan Belanda Kali Cisiluman tersebut dipergunakan tempat persembunyian para pejuang desa dalam melawan penjajah Belanda, nah anehnya para pejuang yang bersembunyi di sungai tersebut tidak pernah kelihatan oleh penjajah Belanda... Maka untuk mengenang sejarah, kali Cisiluman tersebut ditetapkan sebagai nama sebuah Desa, yang sekarang dikenal Desa Siluman. "


Tapi menurut Mang Dawock "Yayat Ruhiyat" Asal mula dinamakan Siluman itu...

"versi sayah mah ... Pada zaman dahulu kalaaa..... Di desa Siluman para penjajah Belanda paling takut menghadapi rakyat desa Siluman... Karena Sakti bisa "mancala putra mancala putri" berubah - rubah wujud."

Lain lagi dengan cerita dari sumber orang yang berbeda :

"Jaman dahulu kala disuatu tempat (daerah Siluman) adalah kampung yang menakutkan bagi orang yang lewat ke kampung itu, yen beja didinya ari peting tara aya lampu, pokona paroek jeng loba begal. Kabar yang diterima kalau malam kalau lewat ke daerah itu suka ada Rampok/begal yang suka merebut harta yang dibawa orang yang lewat kidaerah itu terus orangnya dibunuh atau disiksa.

Nah, begal atau rampok yang suka menghadang orang yang lewat ke tempat itu adalah penduduk asli di daerah itu yang mempunyai ilmu kesaktian silat. Dari sebab itulah orang menyebutnya daerah itu dengan siluman

Tapi sekarang mah aman seperti daerah yang lainnya gak ada begal / rampok, kecuali dibelakang kampung itu ada masih ada tempat yang agak sepi... Kalau malam lewat kesitu suka takut."




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger