--> Skip to main content

Strategi bagi petani untuk menjual hasil panen padi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Strategi bagi petani untuk menjual hasil panen padi

Menjual hasil panen, merupakan kegiatan yang sering saya lakukan dalam usaha pertanian dan untuk memperoleh harga terbaik maka ada strateginya loh. Jika panen pada musim kemarau itu sih tida menjadi kendala bagi saya, dengan kondisi hasil panen yang relatif sudah kering maka saya bisa menahan hasil panennya jika harga belum sesuai dengan keinginan saya.

Strategi bagi petani untuk menjual hasil panenStrategi bagi petani untuk menjual hasil panen

Baca juga; 
Penyebab harga gabah murah 
Strategi bagi petani untuk menjual hasil panen padi 
Kendala pasca panen bagi petani tanah air.


Tapi masalahnya akan timbul jika panen tepat saat musim penghujan, sedangkan saya tidak punya lantai pengering yang ideal.... Biasanya menjemur padi menggunakan terpal yang digelar di pekarangan rumah. Dan otomatis dengan kondisi itu saya akan dipastikan mudah menyerah dengan harga yang ditawarkan oleh tengkulak... Bandar padi.
 
Tetapi menurut saya... Menjual gabah basah dengan harga murah tidak selalu merugikan jika dibanding dengan menjual dalam kondisi kering dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Jika selisih antar harga gabah basah dan kering giling hanya Rp. 1000 maka petani akan lebih untung jika dijual dalam kondisi basah.... Gak repot repot menjemur dan gatal dari merang gabah padi, pada panen musim penghujan penyusutan berat gabah dari kondisi basah dan kondisi kering setelah dijemur rata-rata 30% ditambah dengan biaya tenaga saat proses pengeringan dipastikan hasilnya akan sama jika gabah dijual dalam kondisi basah.

Tetapi, kalau gabah tersebut dijemur dan disimpan... kemudian pas harga gabah tinggi baru di jual, maka kemungkinan mendapat nilai jual yang lebih tinggi menjadi sangat besar. Tentu saja proses penyimpanan gabah pun petani paling lama 2-3 bulan nunggu masa paceklik selain kendala tikus akibat sistem penyimpanan di lumbung

Dari sedikit gambaran diatas harus diakui petani yang tradisionalpun sudah mengenal sedikit tentang strategi bisnis untuk memperoleh hasil terbaik dari produk pertaniannya, hanya saja campur tangan pemerintah dalam menjaga kestabilan harga masih sangat diperlukan.... Tah kitu pamarentah

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments