logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Seni DOGER Kontrak di Subang tingal kenangan

Seni DOGER Kontrak di Subang tingal kenangan

Seni Doger Kontrak atau juga disebut Seni Ronggeng merupakan bentuk kesenian rakyat jaman pemerintahan Hindia-Belanda di daerah perkebunan Subang, Jawa Barat.

Doger yang muncul dari masyarakat kecil, bermula pada saat perusahan perkebunan The P&T Lands yang saat itu dikuasai oleh pemerintahan Belanda mengijinkan pertunjukan doger di kontrak-kontrak perkebunan yang ada di daerah Subang sebagai balas budi para buruh dan hiburan. 

Ilustrasi : Seni DOGER Kontrak di Subang tingal kenangan
 Ilustrasi : Seni DOGER Kontrak di Subang tingal kenangan
 
Doger kontrak mempunyai perbedaan dengan doger pada umumnya, pada doger kontrak ada perpaduan antara seni Ketuk Tilu dan Tari Keurseus.
 
Sekarang ini, Seni doger sudah gak dapat disaksikan lagi.... Hanya tinggal kenangan saja karena para pewarisnya telah tiada. 



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger