logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Seni DOMBRET, Kesenian dari Pantura, Subang, Jawa Barat

Seni DOMBRET, Kesenian dari Pantura, Subang, Jawa Barat

Seni DOMBRET atau DONGBRET merupakan kesenian rakyat yang berkembang di daerah Pantai Utara, Jawa Barat, khususnya di Pantai Blanakan, Pamanukan, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Seni Dombret selain berfungsi sebagai hiburan untuk para nelayan, dombret berfungsi pula sebagai bagian dari upacara nadran sebagai simbol kesuburan.

 ILUSTRASI ; Seni DOMBRET, Kesenian dari Pantura, Subang, Jawa Barat
 ILUSTRASI ; Seni DOMBRET, Kesenian dari Pantura, Subang, Jawa Barat


Seni Dombret sering ditampilkan ketika musim pelelangan ikan tiba, dan menjadi hiburan pelepas lelah bagi para nelayan. Selain itu, dombret pun menjadi hiburan bagi para pembeli ikan, sehingga mereka seringkali memilih membeli ikan di tempat tersebut. Kesenian ini mempunyai kemiripan dengan seni ronggeng / Doger (Ketuk Tilu), baik dilihat dari struktur pertunjukannya, lagu-lagu yang digunakan, maupun musik pengiringnya. Baca Seni DOGER Kontrak di Subang tingal kenangan

Istilah dombret sama halnya dengan doger atau ronggeng, yaitu penari wanita yang memiliki kemampuan menyanyi dan menari.

Mungkin sekarang Tarian ini sudah jarang dipertunjukan... Atau masih adakah ya?... Tapi Kita hanya tau tentang lagu Dangdut "Goyang dombret” Lagu yang tidak asing didengar oleh masyarakat.

Menurut kakek saya... Katanya ... Pertunjukan DOMBRET dimulai dengan musik tatalu atau musik pembuka. Tatalu ini menandakan bahwa Pertunjukan atau pergelaran tari DOMBRET akan dimulai. Selanjutnya para DOMBRET masuk ke arena pertunjukan, Dan salah seorang dari DOMBRET menyanyikan lagu kidung yaitu lagu pembuka sebagai doasupaya semua yang hadir, atau para pemain kesenian DOMBRET, diberi keselamatan dan kelancaran. 


Selanjutnya, para DOMBRET menari. Nah, bagi para penonton yang hadir juga bisa menari berpasangan dengan DOMBRET yang diinginkan atau bisa memilih penari DOMBRET untuk menjadi pasanga, Penonton atau para hadirin pun bisa meminta lagu. 

Eh, katanya ada yang unik dalam seni DOMBRET ini... Penari dombret dapat juga diajak ke tempat yang gelap untuk diajak cipika ... cipiku... Hehehe. Lalu Penari Dombret kembali lagi ke arena pertunjukan, dan Si pembawa Dombret tadi memberikan uang dengan cara memasukannya ke dalam kotak yang telah disediakan biasanya dekat para panjak atau pemain musik. Seterusnya Dombret pun menari kembali sambil menunggu pasangan yang mau menari lagi bersamanya... dan membawanya... Hehehe




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

yang ini bikin penasaran mang :):
penari dombret dapat juga diajak ke tempat yang gelap untuk diajak cipika ... cipiku...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger