logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Seni Rengkong kesenian asli Sunda

Seni Rengkong kesenian asli Sunda

Seni Rengkong merupakan kesenian asli Sunda yang lahir dari budaya masyarakatnya agraris. Sejak dahulu bumi Parahyangan ini  menjadi “lumbung padi” bagi masyarakat nusantara, khususnya di Pulau Jawa. Nah, dari budaya masyarakat agraris inilah yang kemudian menghasilkan berbagai kesenian tradisi, salah satunya kesenian Rengkong.

Sedangkan nama Rengkong diambil dari nama alat yang dahulu digunakan untuk menanggung / memikul padi yang masih ada tangkainya lalu diikat “Pocong”. 

Mikul padi pakai RengkongMemikul padi pakai Rengkong. Dulu, tanaman padi tinggi-tinggi. Orang menuainya dengan ani-ani. Bulir-bulir padi itu lalu diikat kecil-kecil (di-“pocong”). “Pocongan” padi ini lalu diikat lagi, pakai tali dari bambu, menjadi ikatan besar yang disebut “geugeusan.” “Geugeusan” padi ini yang dijemur, lalu disimpan di “leuit” lumbung padi.


Baca juga : 

Rengkong yaitu pikulan terbuat dari dari sebatang bambu gombong dengan panjang sekitar 2 Meteran. Kedua ujung bambu gombong tersebut terbuka (tidak tertutup oleh ruas bambu). Dari ujung pikulan dari jarak 30 Cm dilubangi menyerupai kentongan dengan panjang lubang sekitar 40 Cm. Terus tambang ijuk yang panjangnya sekitar 2,5 meter berfungsi sebagai pengikat padi padi/gabah yang masih ada tangkainya digantungkan pada sebatang bambu gombong yang berfungsi sebagai pikulan. Kemudian, padi yang beratnya sekitar 20 kilogram tersebut sebagai beban pikulan Rengkong. Dan, minyak tanah berfungsi sebagai pengesat gesekan antara tali dan pikulan. Bambu pemikul padi tersebut akan menghasilkan suara yang unik hasil dari pergesekan tali injuk dengan bambu. Sehingga suara gesekan tersebut menghasilkan bunyi yang nyaring. Suara tersebut akan terdengar menarik dan meriah jika rengkong yang dimainkan dalam jumlah banyak.

Nanti katanya tanggal 5 April 2016 di acara HUT Kabupaten Subang kesenian Rengkong akan menyabet Rekor MURI .... Tong hilap nonton dan hadir nyak... :)


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger