logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman Padi Jajar Legowo 6:1.

Tanaman Padi Jajar Legowo 6:1.

Padi yang merupakan tanaman pangan utama penduduk, sebagian besar diproduksi di lahan sawah. Belum optimalnya produktivitas padi lahan sawah antara lain karena serangan hama, penyakit dan gulma. Melalui perbaikan cara tanam padi dengan sitem jajar legowo diharapkan selain dapat meningkatkan produksi, pengendalian organisme pengganggu dan pemupukan mudah dilakukan tanpa harus menginjak gawangan padi yang sempit.

Jajar legowo 6:1 yaitu penanaman padi setiap enam baris tanaman padi diselingi satu barisan kosong dengan lebar dua kali jarak dalam barisan. Demikian seterusnya.

Tanaman Padi Jajar Legowo 6:1.
Tanaman Padi Jajar Legowo 6:1. Foto jepretan Hari Minggu tgl. 27 Maret 2016 di sawah admin di Bakan bandung, Pagaden Barat, Subang


Ada juga para petani yang menggunakan jajar legowo 2:1, 3:1, 4:1 dan 5:1, tergantung lahan dan keinginan sipetani itu sendiri... Namun saya menggunakan sistim jajar legowo 6:1 pada tanaman padi di sawah Bakan bandung, Pagaden Barat, Subang

Cara tanam padi jajar legowo merupakan salah satu teknik produksi yang memungkinkan tanaman padi dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian organisme pengganggu tanaman seperti penyemprotan dan lain - lain.

Nah, tujuan diaplikasikannya cara tanam jajar legowo ini adalah agar tanaman padi mengalami sebuah kondisi seperti TANAMAN TEPIAN. Seperti Sobat ketahui ketika Sobat melihat tanaman Padi, biasanya tanaman padi yang ditanam di Tepi-tepi lahan / dekat pematang tumbuhnya lebih baik dibandingkan dengan padi yang ditanam di tengah lahan. Maka dengan sistem tanam jajar legowo, maka tanaman akan mengalami kondisi tanaman seperti Tanaman yang Tumbuh di Tepian lahan / dekat pematang.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

paling suka kalau main di pematng sawah seperti ini Mang. Teduh rasanya

Balas

Iya mas.. hijau royo - royo padahal suasana ini tengah hari loh :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger