logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Penyemaian benih padi.

Penyemaian benih padi.

Pembenihan merupakan salah satu tahap dalam budidaya padi karena umumnya tanaman padi ditanam dengan menggunakan benih yang sudah disemaikan terlebih dahulu di tempat lain atau di tempat saya disebut "pawinian" pembenihan. 

Seperti yang dilakukan saya ini di daerah blok Tegal Sungsang yang sudah memasuki waktu tanam padi kembali. Meskipun air belum lancar tapi maksakeun ... hehehe.

Penyemaian benih padi.
 Penyemaian benih padi.


Sebelum bibit padi tersebut di tanam di sawah, bibit padi terlebih dahulu disemai dilahan penyemaian , lahan tempat penyemaian bibit padi terlebih dahulu harus diolah semaksimal mungkin tidak boleh terlalu kering dan juga tidak boleh terlalu banyak air, agar benih yang disebar bisa tumbuh secara maksimal agar pertumbuhan bibit padi lebih bagus.

 
 Ini bibit padi di pawinian / penyemaian umur 4 hari.

Bibit disemai lebih kurang selama 25 hari, selama penyemaian tersebut bibit harus selalu diperiksa dan dijaga untuk menghindari dariserangan hama tikus, keong dan belalang termasuk juga ternak bebek yang nyerobot ke pembenihan.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

kebetulan saya sendiri sejak dulu sampai sekarang tidak pernah tahu masalah perpadian apalagi cara perbibitan. saya hanya mau menanggapi kang, sebagai kesimpulan apa yang saya pahami. berarti bivit padi tidak perlu beli, alias kita bisa buat sendiri. betul?. Dan bagaimana cara agar bibit padi aman dari hama yang disebutkan diatas, tanpa kita jaga setiap waktu? apakah ada cara yang lebih efektif kang? matur nuhun

Balas

Widih suah mau di tanam lagi tuh kang, di kampung saya mah belum di tanam soalnya hujan terus kang ...

Balas

Hmm saya pernah mang nanam padi tapi hanya melihatnya saja tidak mencobanya karena waktu itu lagi buru buru dan lihatnya juga sebentar.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger