logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Petani : Harga Padi di Subang anjlok, Mana tema padi yang diusung pemerintah Subang itu

Petani : Harga Padi di Subang anjlok, Mana tema padi yang di usung pemerintah Kabupaten Subang itu 

Tema yang diusung dalam rangka HUT Subang ke-68 adalah "Padi". Simbol dan harapan pertanian Subang lebih maju dan tetap menjadi lumbung padi di Jawa Barat dan nasional.

“Ulang tahun Kabupaten Subang yang ke-68 tahun ini bertema padi. Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat Subang yang telah berpartisipasi dalam HUT Kabupaten Subang ke-68,” ujar Ojang Sohandi, Bupati Subang.

Sementara itu Ketua DPRD Subang Ir Beni Rudiono mengatakan, Subang saat ini menjadi penghasil padi terbesar ke-5 di tingkat nasional dan ketiga di Jawa Barat.

Tapi semua itu gak ada artinya bagi para petani... Para petani saat ini tengah menghadapi kesulitan akibat harga padi anjlok tajam. Saat ini harga padi hanya di kisaran Rp370.000 hingga Rp450.000/kwintal. 

Petani : Harga Padi di Subang anjlok, Mana tema padi yang di usung pemerintah Kabupaten Subang itu
Petani : Harga Padi di Subang anjlok, Mana tema padi yang di usung pemerintah Kabupaten Subang itu 

“Saya ingin harga padi tetap stabil. Kalaupun ada penurunan, harga tidak terlalu jauh - jauh amat, karena saat paceklik lalu harga padi mencapai Rp650.000/kwintal, tapi sekarang harga turun drastis nyungsep,” ungkap petani Desa Bendungan, Pagaden Barat, Yono kepada admin mangyono.com saat ditemui di rumahnya.

Padi setelah panen dan dijemur di depan rumah petani Desa Bendungan, Pagaden Barat, Yono
Padi setelah panen dan dijemur di depan rumah petani Desa Bendungan, Pagaden Barat, Yono

Dengan harga yang turun drastis, dampaknya akan sangat terasa sekali bagi petani. Untuk ongkos produksi padi hingga dipanen untuk 1 hektare area garapan sawah bisa mencapai setengah lebih dari harga jual. 

Padi dimasukan karung untuk selanjutnya disimpan di lumbung di rumah petani Desa Bendungan, Pagaden Barat, Yono
 Padi dimasukan karung untuk selanjutnya disimpan di lumbung di rumah petani Desa Bendungan, Pagaden Barat, Yono

"Rencana saya sih mau saya jemur gabahnya, untuk kebutuhan makan selama 3 bulan kedepan... Daripada dijual murah mendingan di simpan dilumbung aja deh... Mengingat menanam padi di kampung saya itu harus penuh perjuangan... berjuang dengan memburu air, memompa air untuk mengairi sawah, eh setelah panen harganya malah turun ... Ampun pamarentah." Tutur Yono sambil tepuk jidat admin..... Hehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Punten...mang aya carita lucu nu kaalaman ku kel amang ngeunaan pare...musim panen ini amang udah bberapa hari ini nyari yg mau beli padi yg niat mau dijual kurang lebih 3 ton.susah sekali gk ada yg mau.tiba tadi siang ada yg berani setlah amang promosikan moster padi slama sminggu .deal dijual dgn harga 430 rb/kwintal gabah kering...lalu orang2 suruhan bandar tsb ngangkut padi ke tempatnya..satu jam kemudian ada tlp masuk trnyata bos bandar padi tsb yang komplen ktny kualitas padi yg dibeli tdk sesuai moster/contoh....sampai cerita ini dikirim blom ada konsfirmasi lanjutan..penyelesaian masalah ini..nyambung teu nya mang???

Balas

Wah.. Lucu itu Mang, masa bandar begitu.. Terus gak percaya ke anak buahnya ....

Iya mang sekarang dah panen malah susah mau jual padinya... Yang datang bandar sih banyak.. malahan ada yang bilang Bandar dari bandung, Indramayu... Tapi di beli kagak... Hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger