logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Sasak / Bendungan Macan Pagaden Barat – Cikaum, Subang

Sasak / Bendungan Macan Pagaden Barat – Cikaum

Bendungan Macan yaitu pembendung / pembagi sungai antara sungai perbatasan Pagaden Barat dengan sungai yang masuk ke Pagaden Barat, tepatnya ke dusun Gardu besar dan Gardu kesil.

Bendungan ini diatasnya adalah jembatan penghubung antara Dusun Gardu di Kecamatan Pagaden Barat dengan Dusun Pangadungan di Kecamatan Cikaum, Bendungan macan ini panjangnya kira – kira 50 Meter dan tingginya sekitar 30 Meteran.. Dulu waktu jamannya saya masih sekolah dasar, saya sering mandi di bawah jembatan Bendungan macan ini... Sambil mencari ikan... Remis dan batu – batu bagus... atau batu untuk “Bandring” ketepel.

Sasak / Bendungan Macan Pagaden Barat – Cikaum
Sasak / Bendungan Macan Pagaden Barat – Cikaum

Eh, bendungan ini kalau di bulan puasa sering dijadikan tempat “ngabuburit” menunggu maghrib waktu berbuka.

Bendungan macan ini kalau dari rumah saya  kira – kira 500 Meteran... Kenapa bendungan ini dinamakan Bendungan Macan... Mungkin karena dekat kampung Cimacan ya... Eh, kampung Cinta... Hehehe. 


Bendungan ini masuk ke Jasa Tirta II .. Satu sungai dengan tanggulk leuwi nangka di Kelurahan Dangdeur, Subang.

Sungai Ciasem ini mengalir sepanjang waktu...Kalau musim penghujan ya airnya berwarna kecoklatan. Tetapi kalau musim kemarau airnya jernih... Banyak orang yang memanpaatkan airsungai ini untuk mandi, mencuci.


Lima puluh meter ke arah hilir dari bendungan Macan ada Leuwi Botekak... Leuwi ini kedalamannya 10 Meteran lebih... Sebatang bambu gombong yang panjangnya sekitar 10 meteran aja kalau dimasukan kedalam leuwi ini gak sampai ke dasar... Dulu waktu sering mandi di lkeuwi ini saya suka menyelam ke dalam air... Airnya makin kebawah terasa dingin... Tapi sedikit takut juga sih... takutnya sang penunggunya merasa terganggu...Sekeliling atau dasar dari bendungan macan sampai ke leuwi Botekak ini berupa “Cadas” padas kalau airnya surut enak disini untuk nongkrong sambil melihat permpuan yang mencuci dan mandi.... Hehehe.

Botekak sungai Bendungan Macan, SubangBotekak sungai Bendungan Macan, Subang
Botekak sungai Bendungan Macan, Subang

Kenapa dinamakan leuwi botekak.... Konon katanya di leuwi ini ditemukan perempuan yang meninggal “ngabotekak”... Apa itu ngabotekak nanti saya akan jelaskan ya ... Hehehe.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

sepertinya arusnya sangat deras kang, menakutkan. didekat rumah saya juga ada bendungan katanya sih bekas belanda, namanya karangkates.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger