--> Skip to main content

Untung 20 Juta Tanam Padi Ketan Grendel

Citra Jaya Tanam Padi Ketan Grendel

Sebuah desa penghasil ketan pada saat ini salah satunya yaitu desa Citra Jaya yang terletak di kecamatan Binong kabupaten Subang, Jawa Barat.

Beras  ketan citra sudah diekspor keluar negri jenis padi ketan yang ditanam di Desa Citra Jaya salah satunya Padi jenis  ketan Grendel, dengan sistem tanam jajar legowo 6 di masing-masing petak yang telah ditentukan dari luas area. 

Terkait biaya produksi hingga panen, pada angka Rp 3.500 per Kg Gabah Kering Pungut (GKP) atau gabah pada saat dipanen. Dari prediksi harga ketan tadi, maka petani memiliki margin sekitar Rp2.000 per Kg bila harga gabah ketan mencapai Rp 5.500. Bila lebih dari itu keuntungan bertambah.

Tanaman padi ketan Grendel admin. Foto jepretan tanggal 24 april di sawah Bakan Bandung, Pagaden barat, Subang.
 Tanaman padi ketan Grendel admin. 
Foto jepretan tanggal 24 april di sawah Bakan Bandung, Pagaden barat, Subang.

Jadi kalau kita taksir, hasil panen 10 ton per hektare harga padi Rp 55 juta, biaya produksi Rp 35 juta. Keuntungan petani mencapai Rp 20 juta per hektare.

Hitungan diatas hanya perkiraan saja untuk 1 Ha diperkirakan mencapai 10 Ton, dan biaya produksi dari mengolah tanah sampai panen diperkirakan Rp 3.500 per Kg.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments